Miss Indonesia ukir prestasi di Miss Universe 2014

Johana Purba
Ini adalah kali pertama Putri Indonesia berhasil membawa pulang Best National Costume. Tahun 2005, Puteri Indonesia Artika Sari Devi masuk 15 besar, namun kandas pula.

 

Meski diterpa isu skandal di tanah air, namun Puteri Indonesia 2014 Elvira Devinamira berhasil mengukir prestasi di ajang Miss Universe 2014.

Elvira meraih gelar busana nasional terbaik di ajang kontes kecantikan yang berlangsung di Miami, Amerika Serikat, Senin (26/1). Kemenangan ini tidak lepas dari dukungan para netizen dari seluruh Indonesia dan penjuru dunia.

Elvira mengenakan baju bertema Borobudur yang dirancang oleh desainer Dynand Fariz, yang juga penggagas Jember Fashion Carnival. Tidak heran nuansa karnaval sangat kental terasa.

Penampilan Elvira begitu meriah di antara kontestan lainnya. Kostum ini memiliki berat 20 kilogram, dengan rangka besi sendiri 5 kilogram. Hiasan susunan stupa kecil dengan warna pucat semakin memancarkan pesona Elvira. 

Kiprah lajang berusia 21 tahun di ajang Miss Universe sendiri dibilang cukup menjanjikan. Wanita asal Surabaya berhasil masuk 15 besar, dan terpilih dalam 5 kostum nasional terbaik. Kostum nasional terbaik lainnya disabet oleh Argentina, Kanada, Jerman, dan India. 

Ini adalah kali pertama Puteri Indonesia berhasil membawa pulang Best National Costume. 

Sementara untuk masuk ke babak 10 besar, atau bahkan final, masih belum tercapai. Pada tahun 2005 lalu, Puteri Indonesia Artika Sari Devi pernah masuk 15 besar Miss Universe, namun kandas juga.

Selama keikutsertaanya di ajang Miss Universe, Elvira rajin mengunggah foto-foto pribadinya di akun Instagramnya. Dia juga meminta doa dan restu masyarakat Indonesia. Misalnya, saat promo voting busana nasional terbaik.

Postingan terakhir mahasiswa Universitas Airlangga itu adalah sebuah video yang berisi ucapan terima kasih dan syukurnya atas keterlibatannya di ajang Miss Universe kali ini. 

Mahkota Ratu Sejagad 2014 sendiri jatuh ke tangan Miss Colombia, Paulina Vega. Gadis berusia 22 tahun ini berasal dari kota Barranquilla.

Berikut ini daftar lengkap pemenang Miss Universe 2014:

—Rappler.com