Pulang dari Suriah, rekan Abu Jandal dibekuk di Malang

Ahmad Nazaruddin

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Pulang dari Suriah, rekan Abu Jandal dibekuk di Malang

AFP

Siapa Abu Jandal, dan apakah perannya di ISIS Indonesia?

JAKARTA, INDONESIA — Detasemen Khusus 88 kembali membekuk dua oknum yang diduga terkait dengan organisasi Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di Malang, Jawa Timur. Mereka diduga sebagai fasilitator keberangkatan para Warga Negara Indonesia untuk ‘berjihad’ bersama ISIS.

Kepala Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Anton Charliyan membenarkan kabar ini. Tim Densus sedang masih beroperasi hingga berita ini ditulis. 

Ia mengatakan bahwa identitas dan barang bukti yang didapat belum bisa dipublikasikan. “(Tapi) Sangat mungkin penangkapan ini akan berkembang ke daerah,” katanya di Mabes Polri Rabu, 25 Maret 2015. 

Mengenai penangkapan ini, Wakil Kepala Polisi RI Komisaris Jenderal Badrodin Haiti mengatakan, oknum yang ditangkap adalah Abdul Hakim Munabari. 

Pemuda kelahiran 21 Juli 1971 itu diduga kuat baru kembali dari Suriah bergabung dengan ISIS bersama-sama dengan WNI lain, Salim Mubarok Attamimi alias Abu Jandal. 

“Dia (Abdul) baru pulang dari Suriah. Kini kita tangkap dia untuk kita periksa apakah tindakannya bisa dipidana. Bersama dia juga kita tangkap seorang lagi terkait video,” kata Badrodin.

Abdul Hakim Munabari diketahui berdomisili di Jalan Ade Irma Suryani Kecamatan Klojen, Kota Malang. Ia ditangkap pukul 10 siang tadi di depan toko Madu, di sebelah Sekolah Dasar Al Irsyad Al islamiyah, Kota Malang. 

(BACA: Densus 88 tangkap 6 terduga fasilitator ISIS

Siapakah Abu Jandal?

Abu Jandal bukan sosok yang asing lagi. Ia pernah muncul di  di video Youtube berjudul “Ancaman wahabi terhadap Polisi, TNI dan Densus 88, Banser” yang diunggah al-faqir ibnu faqir pada 24 Desember 2014 lalu.

Pada Juni 2014, dia kembali muncul dalam video di Youtube berjudul “Tahridhul Hijrah Wal Jihad”. Ia menyerukan jihad bersama ISIS ke Suriah, dan mengajak umat muslim Indonesia untuk merapat ke Irak. 

Ia kini berada di Suriah sejak Maret 2014 atau setahun lalu. —Rappler.com

Catatan Redaksi: Sebelumnya dikabarkan Abu Jandal tertangkap, namun redaksi mengoreksi bahwa yang tertangkap adalah rekan Abu Jandal. Mohon maaf atas kesalahan pembuatan judul. 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!