Tiket kereta Manggarai-Bandara Soetta Rp 100 ribu

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Tiket kereta Manggarai-Bandara Soetta Rp 100 ribu
Harga tiket kereta bandara senilai Rp 100 ribu ini jauh di atas tarif bus Damri yang hanya Rp 40 ribu.

 

JAKARTA, Indonesia — Kereta dari Stasiun Manggarai ke Bandara Soekarno-Hatta ditargetkan akan beroperasi akhir 2016. Harga tiketnya tidak murah: Rp 100 ribu. 

“Kualanamu sekitar Rp 100 ribu, ya kalau di sini juga Rp 100 ribu,” kata Direktur PT Railink Heru Kuswanto seperti dikutip liputan6.com, Senin, 20 April 2015. 

Kenapa mahal? 

Tarif ada sedikit penyesuaian dari Rp 80 ribu ke Rp 100 ribu, karena akuisisi tanah,” kata Direktur Keuangan KAI Kurniadi Atmosasmito seperti dikutip Tribunnews.com.

Kurniadi mengatakan awalnya harga tiket ditetapkan Rp 80 ribu, namun kemudian dinaikkan karena ada penyesuaian harga tanah.  

Harga tiket ini jauh di atas tiket bus Damri yang sejak Desember 2014 dinaikkan menjadi Rp 40 ribu karena kenaikan harga bensin. 

“Meskipun tarifnya di atas Damri, tarif jadi tidak penting selama kami bisa memberi kepastian,” kata Heru. “Jadi yang kami jual itu kepastian.”

Seberapa cepat kereta ini?

“Nah kalau ini kan pasti sifatnya,” kata Heru. “57 menit kalau dari Manggarai.”

Ia mengatakan bahwa kalau perjalanan dari tengah Jakarta bisa menghabiskan satu sampai dua jam untuk tiba di bandara dengan kendaraan bermotor. 

Kereta ini akan melewati stasiun Sudirman Baru, Duri dan Batu Ceper, melintasi jarak sepanjang 36,3 kilomoter. Namun dari jarak itu, hanya 12,1 kilometer yang perlu dibangun dari Batu Ceper sampai bandara, sisanya menggunakan rel yang sudah ada. 

Kereta ini juga akan terintegrasi dengan Mass Rapid Transport (MRT) dari Stasiun Sudirman Baru. Sementara itu, KAI juga akan merombak Stasiun Manggarai untuk menjadi stasiun keberangkatan kereta bandara ini. — Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!