5 ide bisnis rumah yang bisa dilakukan saat akhir pekan

Melissa Young

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

5 ide bisnis rumah yang bisa dilakukan saat akhir pekan
Anda sedang mencari uang untuk membayar tagihan atau utang? Atau mungkin perlu tambahan penghasilan untuk sejumlah keperluan baru?

JAKARTA, Indonesia — Apakah Anda sedang mencari uang untuk membayar tagihan atau utang? Atau mungkin perlu menambah penghasilan keluarga demi mengumpulkan dana pendidikan anak-anak?

Sebelum Anda menambah (lebih banyak) utang, pertimbangkan dulu beberapa ide bisnis rumahan yang cukup menggiurkan ini:

1. Menulis blog

Bagi Anda yang jarang bersentuhan dengan Internet, aktivitas seorang blogger mungkin terdengar sepele. Namun bila Anda bisa membuat sebuah konten yang menarik dan menarik banyak pengunjung ke blog Anda, akan banyak peluang kerjasama bisnis yang bisa dihasilkan dari situ.

Apa contoh dari konten yang menarik ini? Berikut beberapa inspirasi untuk Anda, 

Fashion Blogger: Anda suka memakai baju yang super modis dan berfoto? Anda bisa menjadi seorang kurator fashion atau model di blog Anda! Anda bahkan bisa membuka toko daring Anda sendiri, seperti Elle dan Jessica Yamada, atau hijaber kondang Dian Pelangi.

Travel Blogger: Jika Anda suka jalan-jalan, berfoto di tempat yang unik, memiliki tips liburan dengan anggaran terbatas, tulislah cerita perjalanan Anda seperti yang dilakukan Trinity Traveler dengan bukunya The Naked Traveler dan Laura Hermawati dengan tips tamasyanya. Anda tentunya bisa menciptakan gaya Anda sendiri.

Gardening Blogger: Anda suka berkebun? Mungkin menulis dan membuat foto, berikut tips dan trik berkebun cantik bisa menjadi awal yang menarik.

Saat orang mulai melihat Anda sebagai “ahli” dan mengunjungi blog Anda secara teratur, Anda bisa menghasilkan uang dari advertorial, sponsorship, direct selling, affiliate marketing, menulis buku, undangan sebagai pembicara, dan masih banyak lagi.

2. Homestay

Memiliki rumah di tepi danau atau di atas tebing? Atau mungkin lokasinya dekat dengan tempat wisata?

Anda bisa mencoba mendapatkan penghasilan tambahan dengan menyewakan kamar yang tak terpakai kepada turis dan wisatawan yang ingin mendatangi tempat menarik atau destinasi wisata di dekat rumah Anda.

Anda bisa mempromosikan kamar yang Anda sewakan secara offline atau menggunakan fasilitas yang disediakan oleh situs seperti Airbnb.

3. Pet Groomer

Jika Anda adalah pecinta hewan, mengapa tidak coba menyediakan jasa memandikan hewan peliharaan?

Tentu saja jasa tersebut hanya sebagai permulaan. Setelah bisnis Anda mulai dikenal, Anda bisa merambah ke area yang lebih besar seperti pet shop — klinik hewan dengan bekerja sama dengan dokter hewan — atau bahkan kafe kucing seperti yang kini semakin populer.

Jika jasa memandikan anjing atau kucing bisa dihargai sekitar Rp 35.000 sampai Rp 50.000 per ekor, Anda bisa mendapatkan pemasukan Rp 500.000 per hari dengan mengurusi 10 hewan selama sehari sambil sekaligus bermain-main dengan mereka. Cukup lumayan bukan?

4. Kerajinan dan Merajut

Memiliki hobi merajut, menyulam, atau menjahit sesuatu menjadi barang yang berguna? Mengapa tidak membuat barang-barang unik dan menjualnya lewat Internet? Anda bisa mengunjungi situs seperti Craftsy dan Etsy untuk melihat selera pasar dan mencari inspirasi produk-produk yang menarik.

Coba hasilkan sesuatu yang benar-benar unik dan orisinil sehingga bisa menarik minat pembeli dari luar negeri. Jika berhasil menjangkau pasar ekspor, tentu saja potensi pemasukan bagi Anda menjadi lebih besar.

5. Web designer

Banyak usaha kecil dan menengah (UKM) di sekitar Anda yang belum memiliki situs resmi. Pemilik UKM mungkin beranggapan bahwa biaya pembuatan situs terlalu mahal untuk skala bisnis mereka, dan mereka tidak bisa membuatnya sendiri. Ini kesempatan usaha yang layak Anda coba!

Anda bisa belajar beberapa teknik membuat situs, kemudian menawarkan jasa Anda kepada pemilik bisnis kecil tersebut.

Mula-mula, buatkan situs dengan desain standar secara gratis – terutama jika Anda masih amatir – dengan menggunakan template dari Internet yang tidak membutuhkan kemampuan pemrograman kompleks.

Setelah Anda mendapatkan kepercayaan dari beberapa klien, Anda bisa meminta biaya pengelolaan situs dari mereka.

Pada intinya, langkah pertama bagi Anda untuk memulai bisnis rumahan ialah menemukan hobi yang Anda sukai, kemudian mengembangkannya.

Bisnis yang dimulai dari hobi akan terasa menyenangkan, dan ini penting karena kelak Anda akan menghadapi lebih banyak tantangan. Jika Anda melakukan sesuatu dengan hati, meraih kesuksesan bukanlah sesuatu yang mustahil. —Rappler.com

Tips di atas berasal dari LiveOlive, sebuah situs yang membekali perempuan Indonesia dalam hal pengelolaan keuangan pribadi.

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!