Philippine economy

SEA Games modern: Siaran langsung via aplikasi mobile

Rappler.com
Ingin mengetahui perolehan medali Indonesia? Install saja aplikasi ini. Dijamin selalu update.

Contoh screenshot aplikasi SEA Games Results. Pengguna bisa memilih negara yang ingin dilihat hasil pertandingannya.

SEA Games Singapura 2015 menjadi contoh pergelaran ajang multi-event modern. Para penggemar dimanjakan dengan update bahkan siarang langsung pertandingan via aplikasi di gadget. Semuanya gratis.

Cek saja di Play Store untuk Android atau di AppStore bagi pengguna Apple. Pencarian aplikasi SEA Games akan menghasilkan dua aplikasi, yakni 28th SEA Games TV dan 28th SEA Games Results. Dua-duanya bagus.

Untuk aplikasi SEA Games Results, tidak hanya semua hasil dan jadwal pertandingan yang ditampilkan, tapi detail hingga susunan pemain utama dan pemain cadangan semua cabang olahraga. Hasil yang ditampilkan juga real time

Bahkan, semua elemen pertandingan seperti wasit, asisten wasit, dan jajaran pelatih ditampilkan lengkap. Jika hasil baru saja keluar, user akan diberitahu dengan sistem notifikasi. Sama seperti ketika ada komentar baru untuk Anda di Facebook. 

Setelah meng-install aplikasi tersebut, user akan langsung diminta untuk mengatur cabang olahraga yang diminati. Setelah itu, pengguna baru memilih negara mana yang ingin dipantau. Dua setting awal itu sudah cukup untuk membuat Anda up-to-date dengan situasi cabang olahraga Indonesia yang sedang bertarung di Singapura. 

Contoh menu cuplikan pertandingan di aplikasi SEA Games TV. Video digarap serius dengan musik dan kualitas video yang bagus.

SEA Games TV lebih keren lagi. Ini adalah aplikasi khusus untuk siaran langsung pertandingan. Jika dalam waktu bersamaan terdapat cabang olahraga yang sama-sama sedang bermain, user bisa memilih mana yang disukai. Kalau ketinggalan menonton, bisa melihat cuplikannya di aplikasi tersebut. Cuplikan alias highlights digarap sangat serius. Alunan musik mengiringi tayangan video.  

Dalam laga Indonesia versus Myanmar, Selasa, 2 Juni kemarin, siaran langsung berlangsung lancar. Jika di televisi jeda pertandingan diisi iklan komersial, aplikasi ini menyiarkan ekspresi para suporter Myanmar dan Indonesia. Lebih lengkap.

Screenshot saat siaran langsung pertandingan tenis meja. Video dilengkapi data pertandingan seperti jumlah nomor yang dipertandingkan.

Aplikasi untuk ajang olahraga memang bukan kali pertama dilakukan Singapura. Saat Korea Selatan menjadi tuan rumah Asian Games tahun lalu, penyelenggara juga membuat aplikasi bernama Asian Games. Namun, totalitas produk virtual itu sangat diragukan. Sebab, tidak ada hasil dan data-data pertandingan yang lengkap. Profil cabang olahraga hanya berisi link ke Wikipedia. 

Jadi, jangan bilang Anda tidak tahu hasil pertandingan Indonesia di SEA Games Singapura 2015 dengan alasan tidak ada di televisi nasional. Semuanya tersedia lengkap di tangan Anda.–Rappler.com