Tren toko online para selebritas

Johana Purba
Nasib dagangan sangat tergantung pada seberapa sering para selebritas posting di Instagram.

Berjualan secara online memang bisnis yang menggiurkan. Tak perlu keluar modal untuk menyewa toko, cukup dengan mengunggah foto di media sosial. Apalagi bagi para selebritas yang punya banyak sekali pengikut di Instagram.

Laudya Cinthya Bella salah satunya. Artis yang baru-baru ini mengenakan hijab ini merilis label busana muslim, LaudyabyLCB di Instagram. Barang dagangan Bella adalah mukena andalan jahitan mamanya sendiri dan busana casual yang bisa dikenakan dengan hijab.




Nasib dagangan Bella sangat tergantung pada postingannya di Instagram. “Kalau Bella rajin posting, banyak yang pesan,” kata Icha, admin toko LaudyabyLCB saat dihubungi melalui telepon, pekan lalu. Saat banyak pesanan, dalam sehari LaudyabyLCB bisa terjual hingga 50 paket.

“Tapi kadang dia sibuk,” kata Icha. Jika Bella berhenti promo di Instagram, penjualan bisa turun drastis, bahkan sampai nol. Menurut Icha, penjualan masih kurang maksimal karena Bella tidak fokus hanya pada satu merk saja. Bella juga menjadi model sebuah produk busana muslim, dan dia juga memanfaatkan instagramnya untuk endorse produk-produk lain.

Penyanyi Maia Estianty juga membuka toko online di Instagram. Gaya busana “Kayara” berbeda 180 derajat dengan gaya Maia di atas panggung. Baju-baju yang dijual bermodel sopan, panjang dan tertutup.





“Idenya adalah perpaduan hijab Arab dan Indonesia, dan bisa dipakai untuk orang yang tidak berhijab juga,” kata mantan istri Ahmad Dhani ini. Agar tak jadi busana musiman, Maia menjelaskan bahwa baju tersebut juga bisa dipakai oleh mereka yang tidak berjilbab.

Maia sengaja memanfaatkan bulan Ramadan untuk memasarkan “Kayara”. Strategi ini rupanya berhasil karena “Kayara” laris manis.  “Langsung aku upload di Instagram, ternyata sambutannya luar biasa. Sampai habis barangnya, dan tim juga kewalahan menjawab pertanyaan customer,” kata Maia pada wartawan. Padahal, Maia tidak punya toko. Semua baju dagangannya dijual secara online.

Artis lain yang juga sedang gencar-gencarnya berjualan di Instagram adalah Krisdayanti. Ibu empat anak ini bekerjasama dengan Luthy, desainer busana muslim merilis label Lusense_KD.



Meski sudah gencar jualan di Instagram, namun menurut admin Lusense_KD mereka hanya menerima 3-4 order sehari. Gaun-gaun busana muslim kreasi desainer Luthy dan Krisdayanti ini dijual dengan harga Rp 1.450.000 ke atas. Selain berjualan di Instagram, pembeli juga datang secara langsung ke kantor maupun melalui relasi dua selebriti tersebut.

Sementara para “pemain baru” masih sibuk dengan Instagram, aktris Zaskia Adya Mecca sudah lebih serius mengurus merk busana muslimnya, Meccanism. Setelah berjualan selama beberapa tahun terakhir, Zaskia paham bahwa Ramadan adalah saatnya menggelar koleksi baru.



Meccanism sudah punya situs sendiri, dan juga dijual dengan cara bergabung dengan situs jual beli. Kini label ini sudah punya banyak pelanggan tetap, selain para pelanggan baru yang mengalir seiring berkembangnya tren hijab di Indonesia. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.