Philippine economy

3 bandara masih ditutup karena Gunung Raung meletus

Rappler.com
3 bandara masih ditutup karena Gunung Raung meletus
Penerbangan dalam negeri dan luar negeri dibatalkan sampai waktu yang tidak ditentukan

JAKARTA, Indonesia—[UPDATE] Penutupan bandar udara diperpanjang hingga hari Sabtu. Tiga bandara yang masih ditutup adalah Bandara Internasional Ngurah Rai di Bali, Bandara Blimbingsari di Banyuwangi, dan Bandara Notohadinegoro di Jember.

“Ketiga bandara akan ditutup setidanya sampai hari besok (Sabtu, 11 Juli) pukul 10.00,” kata juru bicara Kementrian Perhubungan JA Barata kepada AFP. Dua bandara di Lombok telah dibuka pada hari Jumat.

Trikora Harjo, general manager Bandara Ngurah Rai menyatakan bahwa 330 penerbangan — 160 domestik dan 170 international — telah dibatalkan karena adanya debu vulkanik.

Sebelumnya, lima bandara udara di Jawa Timur, Bali dan Lombok ditutup karena alasan keamanan, hari Jumat dini hari. Penutupan dilakukan setelah debu vulkanis dari aktivitas Gunung Raung yang terletak di perbatasan Jember-Banyuwangi menyebar. 

Lima bandar udara yang ditutup itu adalah Bandara Internasional Ngurah Rai di Bali, Bandara Internasional Lombok, Bandara Selaparang di Lombok, Bandara Blimbingsari di Banyuwangi, dan Bandara Notohadinegoro di Jember.

Informasi penutupan disampaikan oleh Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan JA Barata dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat dini hari, 10 Juli. 

Peta wilayah udara yang terkena dampak abu vulkanik:

“Penutupan tersebut berdasarkan Notam (Notice to Airmen) yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara,” kata Barata seperti dikutip dari Kompas. 

Maskapai membatalkan penerbangan

Semua maskapai membatalkan penerbangan, dari dan menuju lima bandara tersebut. Garuda Indonesia membatalkan setidaknya 112 penerbangan. Adapun beberapa maskapai Australia sudah membatalkan penerbangan ke Bali dalam dua hari terakhir. 

Juru bicara Air Asia Audrey Progastama Petriny pada Rappler lewat surat elektronik mengat akan bahwa penerbangan di sejumlah rute menuju Bali dan Lombok dibatalkan. Rute yang terdampak antara lain, Bali menuju Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Solo, Bandung, Singapura, Kuala Lumpur, Bangkok, Darwin, Perth, Taipe, dan Melbourne, dan Lombok menuju Kuala Lumpur. Penumpang Air Asia bisa mengganti jadwal dengan penerbangan lain dalam waktu 7 hari ke depan. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.