Aa Gym mengaku tak berambisi menjadi Gubernur Jawa Barat

BANDUNG, Indonesia - Nama Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym kini muncul di berbagai survei yang mengukur popularitas dan elektabilitas jelang Pilkada Jawa Barat tahun 2018. Hasilnya, menunjukkan Aa Gym ternyata memiliki modal yang cukup kuat untuk memenangkan kursi Jabar satu. Bahkan, angka popularitasnya tergolong tinggi dibandingkan tokoh-tokoh Jabar lainnya seperti Deddy Mizwar, Ridwan Kamil dan Dede Yusuf.

Dalam hasil survei Saiful Mujani Research Consulting (SMRC) menunjukkan Aa Gym paling populer dibandingkan tokoh lainnya, termasuk Ridwan Kamil. Aa Gym menjadi tokoh yang paling banyak dikenal dengan prosentase 96 persen. Ia bahkan mengalahkan Deddy Mizwar yang memiliki tingkat popularitas 92 persen, Dessy Ratnasari 88 persen, Dede Yusuf 84 persen, dan Ridwan Kamil 75 persen.

Sementara dari sisi elektabilitas, hasilnya pun tidak mengecewakan. Aa Gym berada di urutan ketiga dengan prosentase 80 persen, setelah Ridwan Kamil 87 persen, dan Dede Yusuf 83 persen.

Meski namanya telah muncul dan memiliki peluang besar untuk bertarung di Pilgub Jabar, namun Aa Gym mengaku tidak memiliki ambisi menjadi gubernur atau jabatan apapun. Pimpinan Pondok Pesantren Da’arut Tauhid itu menyerahkan jabatan hidup dan takdirnya pada Allah.

“Kalau Aa secara pribadi, enggak ada ambisi. Tidak ada rasanya ingin jadi gubernur atau jabatan apalah. Tapi perkara takdir, itu Allah yang ngatur dan saya tidak tahu takdir saya apa ke depan, dan bukan urusan saya itu mah,” ujar Aa Gym pada media usai menjadi khatir saat salat Jumat di Masjid As Syuhada Mapolrestabes Bandung pada Jumat, 21 Juli.

Saat ini, lanjut Aa Gym, hanya dua keinginannya, yakni menjadi hamba Allah dan ingin memberikan banyak manfaat dalam hidupnya.

Dai kondang ini mengaku tidak paham jika ada pihak yang mengusung dirinya sebagai calon Gubernur Jabar. Ketika ditanya apakah sudah ada partai politik yang mendekati dirinya, Aa Gym menjawab dengan singkat.

“Saya rasa-rasanya dekat dengan partai-partai sebagai dakwah,” kata dia.

Suami dari Teh Ninih ini juga tak mau berkomentar banyak saat dimintai tanggapannya apabila disandingkan dengan Deddy Mizwar, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Barat.

“Ah enggak tahu ah, jangan mengada-ada. Ah saya mah ingin jadi orang gini aja lah. Ingin lempeng aja, masih belum mikir jauh,” katanya sambil tersenyum. - Rappler.com