WEBHITS: Anak-anak Kanada nyanyikan lagu Islam menyambut pengungsi Suriah

JAKARTA, Indonesia — Anak-anak Kanada menyanyikan lagu tradisional Islam (nasyid) menyambut kedatangan pengungsi dari Suriah.

Tala’ al-Badru ‘Alayna dinyanyikan oleh paduan suara puluhan anak-anak dan remaja di Calgary, Kanada, saat menyambut kedatangan rombongan pengungsi Suriah pada pekan ini.

Tala’ al-Badru ‘Alayna adalah sebuah nasyid yang dinyanyikan oleh kaum Ansar —penduduk kota Madinah— kepada Nabi Muhammad SAW saat ia tiba di kota itu usai berhijrah dari Mekah pada 622 Masehi.

Terjemahan dari nasyid tersebut adalah: 

Wahai bulan purnama yang terbit ke atas kita

Dari lembah al-Wadā‘

Dan wajiblah kita mengucapkan kesyukuran

Di mana seruan adalah kepada Allah

Wahai anda yang dibesarkan di kalangan kami

Datang dengan seruan untuk dipatuhi

Anda telah membawa pada bandar ini kemuliaan

Selamat datang penyeru terbaik ke jalan Allah

 

Sebelumnya, Perdana Menteri Kanada yang baru, Justin Trudeau, menyambut ratusan pengungsi asal Suriah yang tiba dengan pesawat terbang. Pemerintahan Trudeau yang baru terpilih pada Oktober lalu, berjanji akan menerima hingga 25.000 pengungsi hingga akhir Februari 2016.

Kaum pengungsi belakangan mendapat sorotan tajam setelah terjadi serangan di Paris, Prancis, 13 November lalu, di mana beberapa pelakunya merupakan imigran dari Suriah.

Bahkan bakal calon presiden Amerika Serikat, Donald Trump, berwacana untuk melarang umat Muslim datang ke Negeri Paman Sam itu.

Langkah Trudeau dengan membuka tangan lebar kepada pengungsi mendapat apresiasi yang positif dari media dan pengguna media sosial. —Rappler.com

BACA JUGA: