Bek kanan MU Antonio Valencia sukses jalani operasi cedera

JAKARTA, Indonesia — Selasa, 10 November, malam menjadi hari yang bakal diingat Antonio Valencia. Bek kanan Manchester United (MU) itu sukses menjalani operasi terhadap kakinya yang mengalami cedera saat bermain melawan Manchester City pada 25 Oktober.

Dalam pertandingan tersebut, di menit ke-81, dia sudah tak bisa melanjutkan pertandingan.

“Kakinya ditendang di babak pertama. Karena itu, aku lantas meminta Matteo Darmian untuk melakukan pemanasan,” kata manajer MU Louis van Gaal saat itu seperti dikutip Mirror.

Namun, manajer asal Belanda itu tidak memperjelas apa penyebab cedera Valencia. Dia hanya mengatakan bahwa pemain 30 tahun itu sempat memaksa melanjutkan pertandingan sambil menahan sakit. “Tapi akhirnya dia tak sanggup lagi,” kata Van Gaal.

Sejak pertandingan melawan “tetangga berisik” itu, Valencia tak lagi bermain. Dia absen saat MU melakoni laga melawan Middlesbrough, Crystal Palace, CSKA Moskow, dan West Bromwich Albion.

Posisinya bergantian ditempati bek asal Italia Darmian dan Ashley Young yang posisi sebenarnya adalah winger. Tanpa Valencia, MU mengalami dua laga seri dan dua kemenangan.

Operasi pun berjalan lancar. Valencia mencuit kesuksesan operasi tersebut melalui akun Twitter miliknya. “Sekarang saya tinggal menjalani masa recovery,” kata pemain yang direkrut MU dari Wigan Athletic tersebut.

Thank God came out well from the operation. Now think about my recovery. pic.twitter.com/CHcvc4SMZc — Antonio Valencia (@anto_v25) November 10, 2015

Cedera Valencia melengkapi badai di kompartemen pertahanan MU. Sebelum Valencia, Luke Shaw menderita patah tulang ganda saat juara 20 kali Premier League itu menghadapi PSV Eindhoven di Liga Champions. Marcos Rojo dan Phil Jones juga sempat absen karena cedera.

Praktis, kini pilihan Van Gaal semakin terbatas. Selain Jones yang sudah pulih, dia memiliki Darmian dan pemain belia yang masih berusia 18 tahun Cameron Borthwick-Jackson.

Borthwick-Jackson sudah menjalani debutnya saat klub yang bermarkas di Old Trafford itu menjamu West Bromwich Albion, 7 November lalu.

United tidak mengungkapkan sampai kapan Valencia akan absen. Kemungkinan dia harus menjalani masa pemulihan selama tiga hingga empat bulan. Padahal, Premier League semakin ketat hingga Natal.

Cepat sembuh, Valencia! — Rappler.com 

 

BACA JUGA: