Berita hari ini: Sabtu, 15 Oktober 2016

Rappler.com
Berita hari ini: Sabtu, 15 Oktober 2016
Rangkuman berita yang tidak boleh Anda lewatkan

Halo pembaca Rappler,

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Sabtu, 15 Oktober 2016.

KPK tangkap tangan anggota DPRD dan seorang PNS

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Kebumen, Jawa Tengah pada hari ini. Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan ketika dikonfirmasi membenarkan mengenai penangkapan itu.

Menurut informasi yang beredar, salah satu pihak yang ditangkap adalah anggota DPRD berinisial S dan seorang pejabat di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kebumen berinisial SW. Keduanya ditangkap diduga karena telah melakukan praktik tindak pidana korupsi berupa suap. Selengkapnya baca di sini.

Istana bantah pelantikan Jonan-Arcandra tanpa restu Wapres

TANPA RESTU. Juru bicara kepresidenan, Johan Budi membantah pelantikan Ignasius Jonan dan Arcandra Tahar sebagai Menteri ESDM dan Wamen tanpa restu dari Wapres Jusuf Kalla. Johan Budi menyebut walau absen dalam upacara pelantikan, Presiden Joko Widodo telah menginformasikan penunjukan keduanya. Foto oleh Yudhi Mahatma/ANTARA

Wakil Presiden Jusuf Kalla terlihat absen saat acara pelantikan Menteri dan Wamen ESDM, Ignasius Jonan dan Arcandra Tahar pada Jumat kemarin. Dia tengah berada di Makassar untuk melakukan kunjungan kerja.

Ini menjadi kali kedua JK absen dalam pelantikan pejabat tinggi. Sebelumnya, dia juga tidak menghadiri pelantikan Budi Gunawan sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

Apakah ini berarti pelantikan Jonan-Arcandra tidak direstui oleh JK? Juru bicara kepresidenan, Johan Budi membantah spekulasi itu.

“Saya yakin Pak JK, Pak Wapres diajak diskusilah oleh Presiden. Saya yakin itu,” ujar Johan Budi di kompleks Istana Kepresidenan.

Dia juga menyebut absennya JK dalam acara pelantikan bukan berarti proses penentuan Menteri dan Wamen ESDM tidak melibatkan Wapres.

“Saya kira Pak Wapres sudah tahu. Sebagai wakil yang membantu Presiden, tentu Presiden berdiskusi dengan Wapres. Saya yakin Beliau tahu,” kata dia.

Pelantikan Jonan-Arcandra memang mendadak. Jokowi melantik keduanya hanya satu jam sebelum dia bertolak menuju ke Kalimantan Barat untuk menghadiri Sail Selat Karimata 2016. Selengkapnya baca di sini.

Salah satu pendiri Kaskus mengundurkan diri

UNDUR DIRI. Salah satu pendiri situs komunitas terbesar di Indonesia, Ken Dean (tengah) mengundurkan diri dari perusahaan itu. Foto oleh Arindra Meodia/ANTARA

Salah satu pendiri Kaskus, Ken Dean Lawadinata resmi mengundurkan diri dari posisinya sebagai Chairman PT Darta Media Indonesia, pengelola situs tersebut. Saham yang dipegang oleh Ken juga sepenuhnya telah dikembalikan ke GDP Ventures.

“Betul, saya sudah seluruhnya meninggalkan Kaskus. Semua saham sudah saya lepaskan ke GDP,” kata Ken dalam sebuah pesan singkat.

Ken menjadi salah satu perintis Kaskus dan membawanya menjadi situs komunitas online terbesar di Indonesia. Dia juga yang membujuk agar pendiri Kaskus lainnya, Andrew Darwis untuk pulang dari Amerika Serikat dan mendirikan perushahaan di Indonesia.

Lalu, apa kegiatan Ken saat ini? Simak beritanya di sini.

Taman depan Balai Kota rusak akibat diinjak pendemo

RUSAK. Salah satu area taman di depan Balai Kota yang rusak akibat diinjak-injak oleh massa pendemo pada Jumat, 14 Oktober. Foto dari akun Twitter @HeriWiy

Tanaman hias di depan Balai Kota DKI Jakarta rusak berat akibat diinjak-injak oleh massa pendemo yang menamakan diri ‘Aksi Bela Islam’ pada Jumat, 14 Oktober. Diprediksi kerugian akibat peristiwa tersebut mencapai ratusan juta rupiah.

Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta, Djafar Muchlisin menyayangkan rusaknya tanaman hias di sepanjang Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

“Kira-kira mungkin bisa mencapai ratusan juta lah ya (kerugiannya),” kata Djafar.

Dinas pertamanan akan mengerahkan petugas untuk melakukan kerja bakti dan membersihkan tanaman yang rusak serta hancur. Selengkapnya baca di sini. – Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.