Berita hari ini: Senin, 26 Desember 2016

Rappler.com
Berita hari ini: Senin, 26 Desember 2016
Rangkuman berita yang tidak boleh Anda lewatkan

Halo pembaca Rappler,

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Senin, 26 Desember 2016.

Jokowi akan hadiri Peringatan Natal di Manado

 

Presiden Joko “Jokowi” Widodo bertolak menuju Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara, pada Senin sore, 26 Desember untuk menghadiri Peringatan Natal Bersama Tingkat Nasional Tahun 2016 di Kabupaten Minahasa.

Jokowi dijadwalkan melakukan peninjauan ke Bendungan Kuwil, di Kabupaten Minahasa Utara, dan kemudian akan meresmikan proyek infrastruktur energi Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Lahendong Unit 5 dan 6, serta PLTP Ulubelu Unit 3 di Kecamatan Tompaso, Kabupaten Minahasa.

Setelahnya, Jokowi akan menghadiri Peringatan Natal Bersama Tingkat Nasional Tahun 2016 yang akan dihadiri kurang lebih 17.000 undangan.

Jokowi valu lepas landas untuk melanjutkan kunjungan kerja ke Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Bupati Purwakarta minta pengamanan Waduk Jatiluhur diperketat

Karo Penmas Mabes Polri Brigjen. Pol Rikwanto (kiri) didampingi Analis Kebijakan Madya Divhumas Polri Kombes Pol Sulistyo Pudjo Hartono (kanan) menunjukkan surat wasiat terduka teroris saat memberikan keterangan tentang penangkapan terduga teroris Purwakarta di Mabes Polri, Jakarta, Senin (26/12). Foto oleh Reno Esnir/ANTARA

Bupati Purwakarta Dedi Mulyani meminta kepolisian memperketat penjagaan Waduk Jatiluhur. Sebab waduk tersebut dinilai sebagai salah satu objek penting yang harus diberikan pengamanan ekstra.

“Saya lihat ini objek vital tapi pengamanannya masih kurang. Sehingga harus ditingkatkan. Kita lebih baik antisipasi dan berpikiran jauh dari pada keburu kejadian buruk,” kata Dedi Mulyadi, Senin 26 Desember 2016.

Dedi mengatakan jika waduk tersebut jebol karena faktor alam atau teror, bukan saja jaringan listrik se-Jawa dan Bali akan mati, tapi sebagian Jabar dan DKI Jakarta akan tersapu air layaknya tsunami. Baca berita selengkapnya di sini.

Sidang putusan sela Ahok tetap akan digelar di PN Jakarta Utara 

Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok bersiap menjalani sidang perdana kasus dugaan penistaan agama di PN Jakarta Utara, pada 13 Desember 2016. Foto oleh Tatan Syuflana/Antara

Meski sebelumnya diberitakan bahwa lokasi sidang kasus dugaan penistaan agama oleh terdakwa Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama akan dipindahkan ke gedung Kementerian Pertanian, namun untuk sidang ketiga pada Selasa, 27 Desember, masih akan menggunakan bekas gedung Pengadilan Negeri Jakarta Pusat di Jalan Gadjah Mada. 

“Sidang dugaan kasus penistaan agama yang ketiga masih digelar di Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat dengan agenda putusan sela,” Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Suyono.

Kepala Humas PN Jakarta Utara Didik Wuryanto, yang bertanggung jawab atas sidang perkara Ahok, mengatakan bahwa pemindahan lokasi akan dibahas usai putusan sela besok. “Kalau majelis hakim menerima eksepsi terdakwa dan pengacara, maka sidang berakhir dan tidak jadi pindah lokasi,” kata Didik.

Sebaliknya, jika eksepsi terdakwa ditolak, maka sidang akan dilanjutkan dengan agenda pemeriksaan saksi di auditorium Kementerian Pertanian. 

Polisi sita sejumlah barang di rumah terduga teroris di Bandung Barat 

Barang bukti yang disita Polisi dari rumah terduga teroris di Jawa Barat, pada 26 Desember 2016. Foto dari Mabes Polri

Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror menyita berbagai barang dari rumah kontrakan tiga orang terduga teroris di Kabupaten Bandung Barat, pada Minggu, 25 Desember.

Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror menyita berbagai barang dari rumah kontrakan tiga orang terduga teroris di Kabupaten Bandung Barat, pada Minggu, 25 Desember.

Kepala Kepolisian Resor Cimahi, AKBP Ade Ary Syam Indradi, yang ikut terlibat dalam proses penyitaan, mengatakan penggeledahan rumah dan kontrakan tiga orang terduga teroris di Kabupaten Bandung Barat itu berlangsung pukul 17:00 sampai 22:00 WIB.

“Dilakukan [penggeledahan] gabungan Tim Taktis 37 Polres Cimahi, Tim Densus 88, Tim Gegana dan Jibom Polda Jabar, serta Polres Cimahi,” kata Ade.

Ia menyebutkan tiga terduga teroris tersebut adalah Abu Faiz yang meninggal dunia saat penangkapan di Purwakarta, Rijal alias Abu Arham, dan Ivan Rahmat Syarif yang ditangkap di Purwakarta.

Polisi mengamankan barang dari rumah kontrakan Abu Faiz di Kampung Sukamulya, Desa Padalarang, Kecamatan Padalarang, Bandung Barat, berupa timbangan digital, buku catatan, dan buku bacaan berbagai judul tentang ajaran keagamaan juga buku biografi.

Selanjutnya di rumah kontrakan Rijal di Kampung Kebon Kelapa, Desa Tanimulya, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat diamankan telepon seluler satu buah flash disk data, dan SIM card Mentari. Selengkapnya di sini

4 terduga teroris Purwakarta rencanakan serang pos polisi

Karopenmas Mabes Polri Brigjen Pol Rikwanto (kiri) menunjukkan surat wasiat terduka teroris saat memberikan keterangan tentang penangkapan terduga teroris Purwakarta di Mabes Polri, Jakarta, pada 26 Desember 2016. Foto oleh Reno Esnir/Antara

Empat terduga teroris yang ditangkap tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri di Kabupaten Purwakarta hendak melakukan serbuan ke pos polisi di sekitar Purwakarta. 

“Mereka berempat adalah satu kesatuan. Dipimpin oleh Abu Fais. Mereka memang ada berencana melakukan tindakan untuk melakukan serbuan ke pos polisi di sekitar Purwakarta. Mereka sudah survei ke beberapa tempat dan kesimpulannya mengambil pos polisi,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Rikwanto saat konferensi pers di Mabes Polri Jakarta, Senin.

Menurut Rikwanto, dengan pertimbangan pos polisi tersebut penjagaannya sedikit, maka mereka hendak menyerang. Selengkapnya di sini

Pesawat Wings Air dievakuasi, Bandara Ahmad Yani kembali dibuka

Dokumentasi para pemakai jasa penerbangan turun dari kabin ATR-72 Wings Air di Bandara Naha, Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Sabtu, 24 Januari. Foto oleh Andika Wahyu/ANTARAw

Pesawat Wings Air yang tergelincir di landasan pada Minggu malam, 25 Desember 2016, telah berhasil dievakuasi. Bandara Ahmad Yani, Semarang, yang sempat ditutup kini telah dibuka kembali sejak Senin pagi, sekitar pukul 08.30 wib. 

Seperti diberitakan sebelumnya, Wings Air rute Bandung-Semarang tergelincir sekitar pukul 18.45 WIB. Saat itu Bandara Ahmad Yani sedang diguyur hujan. Namun penyebab tergelincirnya Wings Air hingga saat ini masih diteliti Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Pesawat Wings Air yang tergelincir tersebut baru berhasil dipindahkan dari landasan pada Senin pagi. Beberapa saat kemudian, bandara kembali dibuka. Baca berita selengkapnya di sini.

Masyarakat Aceh peringati 12 tahun tsunami dengan zikir bersama 

Masjid Baiturrahim bertahan di tengah sapuan gelombang tsunami yang melanda Meulaboh, Aceh, pada 26 Desember 2014 silam. Foto oleh EPA

Pemerintah daerah Aceh menggelar zikir bersama dan memberikan santunan kepada 600 anak yatim dalam rangka peringatan 12 tahun tsunami Aceh yang berlangsung di Taman Ratu Safiatuddin, Banda Aceh, pada Minggu, 25 Desember.

“Dalam kehidupan, manusia tidak pernah lepas dari berbagai cobaan dan tantangan, termasuk musibah bencana alam. Tantangan dan musibah ini harus kita hadapi bersama dengan sabar dan tawakkal kepada Allah SWT,” kata Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Soedarmo dalam sambutannya.

Ia mengatakan, tantangan yang menimpa masyarakat Aceh adalah cobaan dari Allah SWT.

Gempa bumi berkekuatan 9,3 skala Richter yang disusul dengan gelombang tsunami telah meluluhlantakkan Serambi Mekkah pada Minggu pagi, 26 Desember 2004 lalu, dan merenggut ratusan ribu nyawa. Selengkapnya di sini

Cuaca buruk, Wings Air tergelincir di Bandara Ahmad Yani Semarang

Pesawat Wings Air tergelincir saat mendarat di Bandara Ahmad Yani, Semarang, pada 25 Desember 2016. Foto dari Twitter/@rizkiwsa

Pesawat Wings Air rute Bandung-Semarang bernomor seri IW 1896 tergelincir saat mendarat di Bandara Internasional Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah, pada Minggu petang, 25 Desember. Meski demikian, semua penumpang pesawat tersebut selamat.

Diduga kuat tergelincirnya pesawat Wings Air dipicu genangan air akibat hujan deras yang melanda Semarang sejak siang hari.

Jumlah penumpang pesawat ada sebanyak 72 orang meliputi 68 penumpang reguler dan empat kru maskapai. Selengkapnya di sini. —Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.