Berita hari ini: Sabtu, 31 Desember 2016

Rappler.com
Berita hari ini: Sabtu, 31 Desember 2016

ANTARA FOTO

Rangkuman berita yang tidak boleh Anda lewatkan

Halo pembaca Rappler,

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Sabtu, 31 Desember 2016.

Dalam 6 jam, deklarasi dalam negeri tax amnesty capai Rp 33,31 triliun

Warga terlihat antre sejak pagi tadi di Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan di Jalan Gatot Subroto, Jakarta. Banyak di antara mereka bahkan sudah antre sejak pukul 06:00 WIB.

Banyaknya warga yang ikut antre karena hari ini merupakan hari terakhir untuk mengikuti program pengampunan pajak tahap kedua. Menurut Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat DJP Hestu Yoga Saksama, sejak dibuka pukul 08:00 hingga pukul 14:00 WIB, deklarasi dalam negeri yang masuk ke dalam sistem mencapai Rp 33,31 triliun.

“Sampai kemarin, deklarasi dalam negeri di periode kedua saja mencapai Rp 485,01 triliun. Sedangkan, hingga pukul 2 siang tercatat sudah masuk Rp 518,32 triliun. Artinya, hari ini (dalam enam saja) deklarasi dalam negeri tercatat Rp 33,31 triliun,” ujar Hestu.

Dengan adanya tambahan deklarasi dalam negeri pada hari ini, maka total sejak awal program tax amnesty mencapai Rp 3.128 triliun. Sementara, untuk deklarasi dari luar negeri pada hari ini hingga pukul 14:00 WIB sudah mencapai Rp 1,81 triliun. Maka, total deklarasi luar negeri sejak awal periode mencapai Rp 1.012 triliun. Selengkapnya baca di sini.

Jelang pergantian tahun, Jokowi tonton film yang dibintangi Kaesang

TAHUN BARU. Presiden Joko "Jokowi" Widodo menghabiskan waktu jelang pergantian tahun baru dengan menonton film yang dibintangi oleh puteranya Cek Toko Sebelah di Botani Square pada Sabtu, 31 Desember. Foto oleh Rahmad/ANTARA

Pergantian tahun dari 2016 hingga ke 2017 tinggal menunggu hitungan jam. Lalu, di mana Presiden Joko “Jokowi” Widodo menghabiskan malam tahun baru? Rupanya dia memilih untuk berada di Bogor dan bahkan menonton film berjudul “Cek Toko Sebelah” di Botani Square.

Film besutan sutradara Ernst Prakarsa juga ikut dibintangi oleh putera bungsu Jokowi, Kaesang. Hal itu disampaikan Ernest melalui akun Twitternya.

Selain itu, tidak ada agenda khusus dari Jokowi.

“Agenda Presiden tidak ada, internal saja,” ujar Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Bey Machmudin.

Sementara, Wakil Presiden Jusuf “JK” Kalla melewati pergantian tahun di Bali. Dia dan keluarga sudah berada di Bali sejak Jumat kemarin. Selengkapnya baca di sini.

 Benarkah suami Sylviana Murni ikut danai makar?

DUKUNG SYLVI. Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Sylviana Murni (kedua kanan) menerima ajakan swafoto dari pendukungnya seusai acara Dialog Publik Perempuan Memilih 2017, Dari, Oleh, dan Untuk Perempuan Jakarta di Jakarta, Senin, 5 Desember. Foto oleh Akbar Nugroho Gumay/ANTARA

Polda Metro Jaya telah memeriksa suami Sylviana Murni, Gde Sardjana terkait penyelidikan aliran dana dugaan makar. Kepada media, Gde membantah telah memberikan dana sebesar Rp 10 juta kepada Jamran untuk kepentingan makar.

Dia mengatakan uang itu diberikan sebagai sumbangan untuk kepentingan pengobatan istri Jamran. Jamran merupakan salah satu tersangka kasus dugaan pelanggaran Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) atas dugaan penyebaran informasi berbau SARA yang juga saksi dalam kasus dugaan makar.

“Kami menjadi pengurus di KONI. Ketika istrinya mau operasi minta tolong, ya bantu sekedarnya saja,” ujar Gde.

Dia membantah kenal dengan Rachmawati, tersangka makar lainnya. Gde turut menepis terkait dengan demonstrasi Aksi Bela Islam III pada tanggal 2 Desember.

“Untuk apa bantu orang demo, bukan urusan, enggak ada kaitannya sama sekali,” tutur dia. Selengkapnya baca di sini.

Car free night jelang tahun baru di Jakarta dibatalkan

TAHUN BARU. Pijaran kembang api memeriahkan malam pergantian tahun di Bundaran Patung Kuda, Kawasan Monas, Jakarta, Jumat, 1 Januari 2016. Foto oleh Akbar Nugroho Gumay/ANTARA

Warga DKI Jakarta pada nanti malam tidak akan bisa menikmati car free day di sepanjang Jalan Sudirman dan MH Thamrin saat pergantian malam tahun baru 2017. Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta, Andri Yansyah menyebut ada beberapa alasan di balik pembatalan car free night.

Salah satu alasannya, kata Andri, ada beberapa proyek di sepanjang Jalan Sudirman dan MH Thamrin.

“Di situ kan ada pembangunan MRT dan jembatan susun Semanggi,” ujar Andri ketika kepada media.

Dia mengatakan, adanya proyek itu menyebabkan kekhawatiran terhadap faktor keamanan. Sebagai gantinya, akan ada panggung rakyat yang disebar di lima titik di wilayah ibu kota.

“Panggungnya dialihkan di lima kantor wali kota di seluruh Jakarta dan terpusat di Ancol,” kata dia. Selengkapnya baca di sini. – Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.