Berita hari ini: Kamis, 15 Juni 2017

Rappler.com
Berita hari ini: Kamis, 15 Juni 2017

ANTARA FOTO

Perkembangan berita terbaru yang perlu Anda ketahui

Hallo pembaca Rappler!

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Kamis, 15 Juni 2017.

Pemerintah resmi tetapkan 23 Juni cuti bersama

Pemerintah resmi menetapkan tanggal 23 Juni sebagai cuti bersama Idul Fitri 2017. Keputusan ini tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 18 Tahun 2017 yang diteken Presiden Joko Widodo pada Kamis, 15 Juni 2017.

Dengan demikian, ada 5 hari cuti bersama, yakni 23, 27, 28, 29, dan 30 Juni 2017 (Jumat, Selasa, Rabu, Kamis dan Jumat). Dalam Keputusan Presiden tersebut juga disebutkan jika cuti bersama ini tidak mengurangi jatah cuti tahunan Pegawai Negeri Sipil.

Penetapan 23 Juni sebagai cuti bersama antara lain untuk mengurai kemacetan saat mudik. “Jadi masyarakat ada alternatif hari apa jalannya,” kata Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa. Baca berita selengkapnya di sini.

Kemlu: Tidak ada WNI jadi korban kebakaran apartemen Grenfell di Inggris

TERBAKAR. Asap dan kobaran api masih terlihat ketika petugas pemadam kebakaran tengah memadamkan si jago merah yang melalap apartemen Grenfell di London barat pada Rabu, 14 Juni. Foto oleh Adrian Dennis/AFP

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memastikan tidak ada satu pun warga Indonesia yang menjadi korban dari terbakarnya apartemen Grenfell yang terjadi pada Rabu dini hari, 14 Juni waktu setempat. Akibat peristiwa itu sebanyak 12 orang tewas. 

“Sejauh ini tidak terdapat informasi adanya korban warga negara Indonesia,” ujar Retno di Jakarta. 

Kemenlu telah berkoordinasi dengan KBRI London untuk memperbarui informasi mengenai peristiwa kebakaran itu. Tim dari KBRI London terus berkoordinasi dengan pihak keamanan dan pemerintah setempat untuk mendapatkan informasi tambahan mengenai insiden tersebut. KBRI London menyiapkan nomor hotline yang bisa dihubungi yakni +447881221235

Bangunan setinggi 24 lantai itu habis dilalap si jago merah pada Rabu kemarin. Banyak di antara korban tewas terpaksa melompat dari ketinggian dengan niat awal menyelamatkan diri. Penghuni lain dilaporkan terjebak dan berteriak untuk meminta pertolongan. Selengkapnya baca di sini

KPK kembali periksa Gamawan Fauzi

Aktivis yang tergabung dalam Masyarakat Sipil Prihatin Mega Korupsi KTP elektronik (E-KTP) menggelar aksi di depan gedung Komisi Pemberantasan Korupsi, Jakarta, Minggu (12/3). Foto oleh Puspa Perwitasari/ANTARA

Komisi Pemberantasan Korupsi kembali memeriksa mantan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi untuk dimintai keterangan dalam kasus pengadaan paket penerapan KTP Elektronik.

“Yang bersangkutan (Gamawan) diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Andi Agustinus (AA),” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Kamis 15 Juni 2017.

Mengenakan kemeja warna hitam, Gamawan Fauzi tiba di Gedung KPK sekitar pukul 09.30 WIB. Ia tak berbicara banyak kepada pers dan langsung masuk ke dalam gedung. 

Sebelumnya, Gamawan Fauzi membantah menerima uang terkait korupsi proyek KTP elektronik (e-KTP) senilai 4,5 juta dolar AS dan Rp50 juta. “Satu rupiah pun saya tidak pernah menerima,” katanya. Baca berita selengkapnya di sini.  

Parkir sembarangan, 1.243 mobil diderek di Jakarta Selatan

Foto oleh Rivan Awal Lingga/ANTARA

Kepala Suku Dinas Perhubungan DKI Jakarta Christianto mengatakan pihaknya telah menderek sebanyak 1.243 kendaraan yang parkir sembarangan di wilayah Jakarta Selatan sejak Januari hingga Mei 2017.

Sebanyak 1.243 kendaraan tersebut dijaring di 10 kecamatan oleh Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan. Uang denda yang terkumpul dari derek tersebut mencapai Rp 621,5 juta.

“Sepanjang bulan Januari hingga Mei 2017 tercatat 1.243 kendaraan telah terjaring operasi penderekan,” kata Christianto, Kamis 15 Juni 2017. “Masing-masing kendaraan dikenai denda penderekan Rp 500.000.

Christianto mengimbau kepada pengendara agar tetap mematuhi aturan sehingga kendaraannya tidak diderek dan harus membayar denda. Baca berita selengkapnya di sini.

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.