Berita hari ini: Kamis, 22 Juni 2017

Rappler.com
Berita hari ini: Kamis, 22 Juni 2017
Perkembangan berita terbaru yang perlu Anda ketahui

Hallo pembaca Rappler!

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Kamis, 22 Juni 2017.

Menteri Jonan: Pemerintah tak akan naikan harga BBM hingga September 2017

Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan pemerintah tidak akan menaikan harga bahan bakar minyak (BBM) hingga akhir bulan September 2017. Keputusan itu, kata Jonan, sesuai arahan Presiden Joko “Jokowi” Widodo dalam sidang Kabinet Paripurna di Istana Merdeka.

“Pemerintah memutuskan untuk tidak ada kenaikan harga BBM khususnya premium RON 88 serta solar atau biosolar mulai 1 Juli hingga 30 September 2017. Jadi, tiga bulan ke depan tidak ada kenaikan harga BBM sama sekali,” ujar Jonan yang ditemui usai Sidang Kabinet Paripurna di Istana Merdeka.

Dia menjelaskan, alasan tidak ada kenaikan BBM didorong berbagai faktor, termasuk pertumbuhan ekonomi dan adanya kecenderungan penurunan harga minyak mentah dunia. Dia memberikan contoh jenis minyak mentah saat ini harganya 42 dolar Amerika Serikat (AS) per barel, padahal sebelumnya 45 hingga 46 dolar AS. Jenis minyak mentah lainnya harganya 44 dolar AS pada Kamis pagi, padahal seminggu sebelumnya mencapai 47 hingga 48 dolar AS.

“Dengan pertimbangan itu, pemerintah memutuskan untuk tidak ada kenaikan harga BBM, khususnya premium RON 88 serta solar atau biosolar,” kata pria yang pernah menjabat sebagai Menteri Perhubungan itu. Selengkapnya baca di sini.

Mendagri segera lantik Rohidin Mersyah sebagai Plt Gubernur Bengkulu

BERTEMU PRESIDEN. Mendagri Tjahjo Kumolo bergegas seusai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis, 16 Februari. Foto oleh Wahyu Putro/ANTARA

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan segera mengukuhkan Wakil Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Bengkulu karena gubernur sebelumnya ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mantan Gubernur Ridwan Mukti terjaring ketika menerima uang suap dari seorang pengusaha di kediamannya.

“Sore ini saya panggil wagubnya. Nanti, akan saya kukuhkan sebagai Plt Gubernur Bengkulu,” ujar Tjahjo di Istana Kepresidenan di Jakarta.

Dia menjelaskan jika pengukuhan itu dilakukan agar tidak ada kekosongan jabatan pemerintahan. Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) itu menilai jika kasus yang menimpa Ridwan menyakut mental dari pejabat yang bersangkutan.

Ini menjadi tamparan keras bagi Tjahjo karena untuk kesekian kalinya kepala daerah terjaring OTT KPK karena menerima uang suap atau gratifikasi. Selengkapnya baca di sini.

Menhan Ryamizard: Kerahkan personel TNI ke Filipina butuh persetujuan kongres

KETERANGAN PERS. Menhan Ryamizard Ryacudu (kedua kanan) bersama Menhan Malaysia Dato Seri Hishammuddin Bin Tun Hussein (kanan) serta Menhan Filipina Delfin N. Lorenza (kiri) memberikan keterangan kepada wartawan pada peluncuran Satgas Trilateral Maritim Patrol (TMP) Indomalphi di atas geladak utama KRI dr. Soeharso-990, Perairan Tarakan, Tarakan, Kalimantan Utara, Senin, 19 Juni. Foto oleh Zabur Karuru/ANTARA

Menteri Pertahanan Ryazamird Ryacudu mengatakan untuk mengirimkan personel TNI ke area Filipina selatan tidak lah semudah yang dipikirkan. Kendati sudah ada kesepakatan di antara Presiden Joko “Jokowi” Widodo dan Presiden Rodrigo Duterte, namun lampu hijau juga harus diperoleh dari kongres Filipina.

“Walau Presiden Jokowi membolehkan, Presiden Filipina juga boleh, tetapi kan tidak segampang itu. Harus ada persetujuan rakyat di sana. Atas nama rakyat di sana melalui Kongres,” ujar Ryamizard yang ditemui di Istana Kepresidenan.

Purnawirawan jenderal mengaku wacana pengerahan personel TNI ke sana untuk memberantas terorisme sebenarnya juga ikut didukung oleh oleh Menhan Filipina Delfin Lorenzana. Jika TNI seenaknya menyentuh teritori negara lain, maka dapat dianggap telah melanggar kedaulatan negara yang bersangkutan.

“Masih harus menunggu persetujuan kongres. Kita enggak bisa masuk ke tempat orang kalau enggak diizinkan, walaupun presiden bilang boleh. Tetapi, kami siap saja,” kata dia.

Sebelumnya, wacana pengerahan personel TNI ke wilayah Filipina selatan ramai dibicarakan karena aksi penculikan yang dilakukan oleh kelompok militan Abu Sayyaf meningkat pada tahun lalu. Puluhan WNI pun menjadi korban penculikan. Saat ini, bahkan masih ada tujuh WNI yang masih disandera oleh kelompok militan itu.

Untuk mencegah aksi terorisme meningkat di wilayah Asia Tenggara, Menhan Ryamizard dan dua Menhan lainnya melakukan patroli bersama di wilayah negaranya masing-masing dan terkoordinasi.

Sampah H-1 Lebaran mencapai 8 ribu ton

Petugas UPK Badan Air dan Kebersihan DKI Jakarta membersihkan sampah di Kali Sekretaris, Jakarta, Selasa (6/6). Foto oleh Rivan Awal Lingga/ANTARA

Kepala Satuan Pelaksanan Pemprosesan Akhir Sampah Dinas Kebersihan DKI Rizky Febriyanto memprediksi jumlah sampah di Jakarta saat H-1 lebaran akan mencapai 8.000 ton. 

“Kalau di malam takbiran tidak sampai 10.000 ton mungkin kisaran 8.000 ton,” kata Rizky di Kantor Dinas Lingkungan Hidup (Kebersihan) DKI Jakarta, Jalan Mandala V Nomor 67, Cililitan, Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis 22 Juni 2017.

Menurut Rizky, untuk mengangkut sampah-sampah tersebut, pihaknya telah menyiapkan 1.200 armada pengangkut sampah. Baca berita selengkapnya di sini

—Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.