Berita hari ini: Minggu, 26 November 2017

Rappler.com
Berita hari ini: Minggu, 26 November 2017
Perkembangan berita terbaru yang perlu Anda ketahui

Hallo pembaca Rappler!

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Minggu, 26 November 2017.

Terdampak debu vulkanik, Bandara Internasional Lombok ditutup

Kementerian Perhubungan menutup Bandara Internasional Lombok, Nusa Tenggara Barat, menyusul meletusnya Gunung Agung di Bali pada Minggu pagi, 26 November 2017.

“Sampai batas waktu yang akan ditentukan kemudian,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Agus Santoso dalam jumpa pers di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Minggu 26 November 2017.

Agus mengatakan keputusan ini diambil berdasarkan pengamatan abu vulkanik Gunung Agung Bali yang bergerak ke arah Tenggara dan tampak secara visual di rute penerbangan. 

“Memang di landasan Bandara Lombok tidak terjadi abu vulkanik, tetapi jalan jalannya pesawat menuju Lombok ini sudah banyak terutup oleh adanya abu vulkanik ini di sekelilingnya, sehingga pendaratannya dari segala penjuru pun saat ini sudah tidak memungkinkan,” katanya.

Kepala Bidang Mitigasi Gunungapi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Gede Suantika memperkirakan erupsi berupa asap dan abu ini bisa berlangsung selama 1 bulan.

“Kalau mengacu pada pengalaman tahun 1963 itu, kondisi seperti ini bisa selama satu bulan,” kata Suantika. Baca berita selengkapnya di sini.

Masuk jalur Transjakarta, ini penjelasan Dewi Persik

Dewi Persik. FOTO oleh ANTARA/Agus Apriyanto

Penyanyi Dewi Persik kembali disorot setelah kendaraan yang ditumpanginya menerobos jalur TransJakarta pada Jumat malam, 24 November 2017.

Dewi pun mengakui telah menerobos jalur TransJakarta. Namun ia punya alasan untuk itu, yakni mengantar asistennya yang sedang terserang asma. Dewi juga mengklaim jika saat itu dirinya tengah mendapat pengawalan dari Patwal.

“Polisi yang mengawal kami menyarankan agar kami melalui jalur busway atau TransJakarta di depan mall Pejaten Village, tepat pukul 19.30WIB,” tulis Dewi Persik melalui akun @dewiperssikreal. Baca berita selengkapnya di sini.

DPD Partai Golkar dukung keputusan rapat pleno untuk tetap mempertahankan Setya Novanto

GANDENGAN TANGAN. Pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum DPP Partai Golkar Idrus Marham (tengah) bergandengan tangan bersama Ketua Harian DPP Partai Golkar Nurdin Halid (kanan), Bendahara Umum Partai Golkar Robert Jopie Kardinal (kiri) dan Ketua Korbid Kepartaian Golkar Kahar Muzakir (kedua kiri) seusai memberikan keterangan pers terkait pertemuan DPP dan DPD I di Jakarta, Sabtu, 25 November. Foto oleh Hafidz Mubarak A/ANTARA

Ketua Forum Silaturahmi Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Partai Golkar Ridwan Bae mengatakan 34 pengurus DPD tingkat I mendukung hasil keputusan rapat pleno yang pernah digelar 21 November lalu. Rapat pleno ketika itu mengatakan Setya Novanto bisa kembali menjadi Ketua Golkar jika menang dalam sidang pra peradilan.

“DPD memahami dan konsisten mendukung dan melaksanakan keputusan yang dimaksud,” ujar Ridwan usai menggelar rapat DPP dan DPD I Partai Golkar di Hotel Sultan, Jakarta.

Kendati begitu, Ridwan mengatakan para kader tetap akan mencermati dinamika politik yang ada. Tetapi, pengurus daerah, katanya berkomitmen untuk mengikuti hasil rapat pleno berdasarkan aturan organisasi partai dan AD/ART Partai Golkar.

“Kami tetap mencermati dinamika yang ada dan berkomitmen melaksanakan,” katanya.

Semalam, seluruh DPD tingkat I berkumpul di Hotel Sultan untuk berkoordinasi dan menyampaikan hasil rapat pleno untuk membahas posisi Setya. Total ada 34 perwakilan DPD yang hadir dalam rapat yang tidak lebih dari satu jam itu. Selengkapnya baca di sini.

Dedi Mulyadi: 20 DPP Partai Golkar dukung Munaslub

Ketua DPD I Golkar Jawa Barat Dedi Mulyadi  usai rapat DPD Golkar Provinsi di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Senin (20/11). FOTO oleh ANTARA/Reno Esnir

Ketua DPD I Partai Golkar Jawa Barat Dedi Mulyadi mengatakan ada sekitar 20 DPD Partai Golkar di seluruh Indonesia yang menginginkan digelarnya Munaslub untuk memilih pengganti Setya Novanto sebagai Ketua Umum. 

“Kita menangkap aspirasi dari masyarakat Golkar ada perubahan. Sesuai koridor partai, sekarang nyampai angka 20 DPD, tinggal tiga lagi,” kata Dedi di Sleman, Minggu 26 November 2017.

Dalam aturan internal Partai Golker, musyawarah nasional luar biasa bisa digelar jika didukung 2/3 usulan nasional atau 23 DPD. Jika syarat ini telah terpenuhi, Munaslub tak perlu menunggu hasil praperadilan yang ditempuh Setya Novanto.

Sebelumnya, melalui rapat pleno, Partai Golkar masih akan menunggu hasil sidang praperadilan Setya Novanto atas penetapannya sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi pada proyek KTP Elektronik. Baca berita selengkapnya di sini.

Abu vulkanik Gunung Agung tertiup ke arah Pulau Lombok

Asap kelabu menyembur dari puncak Gunung Agung terpantau dari Pos Pengamatan Gunung Api Agung, Desa Rendang, Karangasem, Bali, Rabu (22/11). FOTO Oleh ANTARA/Nyoman Budhiana

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan sebaran abu vulkanik Gunung Agung yang berada di Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali, mengarah ke Pulau Lombok.

Seperti diberitakan sebelumnya erupsi Gunung Agung terjadi sekitar pukul 05:05 WITA Minggu pagi tadi. Sekitar 40 menit kemudian terjadi erupsi kedua dengan ketinggian semburan mencapai 3.000 meter dari puncak kawah gunung berapi.

Abu vulkanik tebal pada pagi ini, menurut Sutopo, masih terus keluar dari kawah sehingga ancaman potensi bahaya bagi masyarakat masih berupa abu vulkanik.

Masyarakat diminta untuk melakukan evakuasi meninggalkan desa-desa di radius enam hingga 7,5 kilometer (km) dari gunung sesuai rekomendasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

Ribuan masker juga telah dibagikan ke masyarakat dan mereka diminta tetap menggunakan masker tersebut saat berada di luar ruangan. Baca berita selengkapnya di sini.

Pengacara: Rizieq Shihab pulang pekan depan

Pimpinan FPI Rizieq Shihab memberikan keterangan kepada wartawan usai menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin, 23 Januari. Foto oleh Reno Esnir/ANTARA

Pemimpin Front Pembela Islam Rizieq Shihab dikabarkan akan menghadiri reuni alumni 212 yang akan digelar di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, pada Sabtu 2 Desember mendatang.

“Iya pagi ini saya komunikasi dengan Habib Rizieq, dan Habib Rizieq minta saran saya apakah datang atau tidak, saya bilang harus datang,” kata Pengacara Rizieq, Kapitra Ampera, Minggu 26 November 2017.

Kapitra mengatakan kepulangan Rizieq diperlukan untuk konsolidasi dan menyatukan friksi umat. Kapitra juga menegaskan jika Rizieq akan pulang pada Kamis, 30 November 2017 atau Jumat, 1 Desember 2017.

Kapitra mengatakan kedatangan Rizieq akan disambut oleh pendukungnya, jika tiba di Bandara Soekarno Hatta. Ia juga mengatakan Habib Rizieq akan langsung menuju markas FPI di Petamburan, Tanah Abang, bila tiba di Indonesia. Baca berita selengkapnya di sini.

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.