Jokowi tunda pelantikan Budi Gunawan, angkat Badrodin jadi Plt Kapolri

ATA

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Jokowi tunda pelantikan Budi Gunawan, angkat Badrodin jadi Plt Kapolri

Dhemas Reviyanto Atmodjo

Berhubung Komjen Budi Gunawan sedang menjalani proses hukum, Jokowi pandang perlu untuk menunda pengangkatan sebagai Kapolri.

JAKARTA, Indonesia — Presiden Joko “Jokowi” Widodo akhirnya berbicara. Dalam konferensi persnya, ia mengangkat Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri) Badrodin Haiti menjadi Plt Kapolri menggantikan Jenderal Sutarman, Jumat (16/1) malam, di Istana Negara.

“Tadi sore telah saya tandatangani 2 Keppres [Keputusan Presiden],” kata Jokowi. “Keppres tentang pemberhentian dengan hormat Jenderal Sutarman sebagai Kapolri.

“Keppres kedua tentang penugasan Wakapolri Komjen Badrodin Haiti untuk melaksanakan tugas dan wewenang dan tanggung jawab Kapolri.”

Ia menambahkan bahwa Komjen Pol Budi Gunawan, yang sebelumnya dicalonkan sebagai Kapolri, ditunda pelantikannya mengingat status hukum sebagai tersangka kasus korupsi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

“Berhubung Komjen Budi Gunawan sedang menjalani proses hukum, maka kami pandang perlu untuk menunda pengangkatan sebagai Kapolri,” terang Jokowi. “Jadi menunda, bukan membatalkan. Perlu digarisbawahi,” tandasnya.

Mantan Kapolri Jenderal Sutarman pada 16 Oktober 2014. Posisi Sutarman digantikan oleh wakilnya, Badrodin Haiti, pada 16 Januari 2015. Foto oleh Bay Ismoyo/AFP

Dalam perpisahannya, Jenderal Sutarman mengatakan, “Saya menyerahkan tugas dan tanggungjawab jabatan Kapolri kepada Wakapolri yang ditugaskan dengan Keppres juga untuk melaksanakan tugas Kapolri.”

Sementara itu, dalam sambutan singkatnya, Badrodin Haiti mengatakan, “Terima kasih, berdasarkan Keppres malam ini saya selaku Wakapolri melaksanakan tugas, wewenang, dan tanggung jawab Kapolri karena memang tidak boleh ada kekosongan pimpinan.”

“Tugas Wakapolri itu manakala Kapolri berhalangan melaksanakan tugas sehari-hari. Oleh karena itu saya mengajak seluruh jajaran Polri untuk membantu melaksanakan tugas Polri sesuai tugas dan harapan masyarakat,” lanjutnya. —Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!