Ayu Gani menangi Asia's Next Top Model

JAKARTA, Indonesia (UPDATED) — Ayu Lestari Putri Gani, atau yang lebih dikenal sebagai Ayu Gani, dari Solo menjadi pemenang Asia's Next Top model masa tayang ketiga sekaligus mencatatkan sejarah sebagai model pertama asal Indonesia yang melakukannya.

"Ya Tuhan, terima kasih banyak," kata Gani setelah diumumkan sebagai pemenang.

"Saya sangat bahagia. Saya merasa sangat bangga menjadi orang Indonesia pertama yang menang kompetisi ini. Ini lebih dari sekedar mimpi yang jadi kenyataan. Saya akan membuktikan diri saya, saya akan bekerja keras untuk ini, dan inilah yang saya peroleh. Ini adalah saat yang paling membahagiakan dalam hidup saya."

Ayu mengungguli dua pesaingnya di babak final, Monika Sta Maria asal Filipina dan Cheng-Bradshaw asal Singapura dalam All South East Asian Final.

Meskipun mengaku grogi dalam menghadapi babak final, Ayu akhirnya dinobatkan sebagai yang terbaik oleh dewan juri yang diketuai oleh model  Georgina Wilson. 

Sebagai hadiah atas kemenangannya ini, Ayu akan diganjar sejumlah hadiah mulai dari tampil di sampul depan Harper's Bazaar magazine, mobil Subaru XV STI hingga terbang ke Eropa untuk menjadi model bagi agensi Storm Models.

Gani memulai kariernya sebagai model dengan mengikuti model majalah Femina pada 2011. Dia terpilih menjadi juara favorit pembaca.Rappler.com