Berita hari ini: Minggu, 15 Januari 2017

Halo pembaca Rappler,

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Minggu, 15 Januari 2017.

Besok, FPI akan demo di Mabes Polri, tuntut Kapolda Jabar dicopot

Tujuh orang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas di tol Cikopo-Palimanan (Cipali) pada Minggu dini hari. Tiga orang lainnya mengalami luka berat.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Yusri Yunus mengatakan, kecelakaan terjadi pada pukul 02:30 WIB dini hari, tepatnya di tol Cipali KM 161 jalur A, antara kendaraan Luxio nomor Polisi B-1138-UKS dengan truk Tronton AB-8837-AK.

Kronologis kejadian yaitu kendaraan datang dari arah Cikopo menuju Palimanan setiba di km 161 jalur A diduga pengemudi kendaraan Luxio ngantuk.

"Sehingga kurang antisipasi dan tidak bisa mengendalikan kendaraannya yang kemudian menabrak kendaraan di depannya yaitu truck Tronton," kata Yusri. Selengkapnya di sini.

Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Hadi Utomo meninggal dunia

Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Hadi Utomo meninggal dunia pada 15 Januari 2017. Foto dari Wikimedia

Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Hadi Utomo meninggal dunia pada 15 Januari 2017.

Foto dari Wikimedia

Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Hadi Utomo meninggal dunia, pada Minggu, dini hari, 15 Januari. Hadi meninggal dalam usia 71 tahun.

"Iya benar. Innalillahi wa innailaihi rojiun. Pak Hadi Utomo wafat tadi pagi jam 03:47 di kediamannya," kata Wakil Ketua Umum Demokrat Roy Suryo.

Hadi lahir di Semarang pada 15 Agustus 1945. Ia menjabat sebagai Ketua Umum Partai Demokrat pertama, pada periode 2005-2010. 

Hadi merupakan ipar dari Ketua Umum Demokrat saat ini yang juga Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono. Ia menikah dengan Mastuti Rahayu, saudara kandung dari Ani Yudhoyono, yang keduanya merupakan putri dari Sarwo Edhi Wibowo.

Hadi juga pernah menduduki kursi Dewan Perwakilan Rakyat periode 2004-2009. Sebelum menjabat sebagai wakil rakyat DPR-RI, dia juga pernah mengenyam dunia kemiliteran. Selengkapnya di sini.

Menteri KKP Susi Pudjiastuti berulang tahun ke-52

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dalam sesi wawancara dengan Rappler di kantornya pada 2014 lalu. Foto oleh Jet Damazo-Santos/Rappler

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dalam sesi wawancara dengan Rappler di kantornya pada 2014 lalu.

Foto oleh Jet Damazo-Santos/Rappler

Hari ini, Minggu, 15 Januari, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memperingati hari ulang tahunnya yang ke-52.

Ia melewati malam pergantian hari di tempat kelahirannya di Pangandaran, Jawa Barat, bersama sejumlah anggota keluarga, kerabat, dan stafnya. 

Sejak memimpin KKP, ia telah melakukan sejumlah gebrakan kontroversial, salah satunya menenggelamkan kapal-kapal asing pencuri ikan di perairan Indonesia.

Pada September 2016 lalu, Susi diberi anugerah gelar Leaders for a Living Planet Award dari Organisasi Lingkungan Dunia, World Wildlife Fund for Nature (WWF), atas kontribusi signifikan terhadap pelestarian dan pembangunan berkelanjutan.

Sepak terjangnya memerangi penangkapan ikan secara ilegal juga membuatnya meraih penghargaan Honoris Causa dari Universitas Diponegoro Semarang pada Desember 2016 silam. Selengkapnya di sini

—Rappler.com