Provide your email for confirmation

Tell us a bit about yourself

country *
province *

why we ask about location

Please provide your email address

Login

To share your thoughts

Don't have an account?

Login with email

Check your inbox

We just sent a link to your inbox. Click the link to continue signing in. Can’t find it? Check your spam & junk mail.

Didn't get a link?

Sign up

Ready to get started

Already have an account?

Sign up with email

By signing up you agree to Rappler’s Terms and Conditions and Privacy

Check your inbox

We just sent a link to your inbox. Click the link to continue registering. Can’t find it? Check your spam & junk mail.

Didn't get a link?

Join Rappler+

How often would you like to pay?

Monthly Subscription

Your payment was interrupted

Exiting the registration flow at this point will mean you will loose your progress

Your payment didn’t go through

Exiting the registration flow at this point will mean you will loose your progress

Indonesia wRap: 20 Mei 2015

JAKARTA, Indonesia — Kapal asing pencuri ikan akan kembali ditenggelamkan, jenazah mahasiswa Yogyakarta yang jatuh di kawah Merapi berhasil diangkat, dan SBY perang mulut melawan Menteri ESDM Sudirman Said. 

TNI AL akan tenggelamkan 41 kapal asing pencuri ikan 

Indonesia tenggelamkan kapal asing pencuri ikan di perairannya. Foto oleh EPA

Indonesia tenggelamkan kapal asing pencuri ikan di perairannya.

Foto oleh EPA

TNI AL akan menenggelamkan setidaknya 41 kapal pencuri ikan milik asing di sejumlah wilayah perairan Indonesia. Jakarta Post melaporkan, kapal-kapal tersebut adalah milik Thailand, Vietnam, Tiongkok, Malaysia, dan Filipina. Operasi penenggelaman ini merupakan bentuk kerjasama antara TNI AL, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), dan Satuan Polairud Polri. Kapal-kapal ini akan ditenggelamkan di Aceh, Medan, Pontianak, Bitung, dan Kepulauan Riau. 

Debat Menteri ESDM dan SBY terus berlanjut

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said dalam acara World Economic Forum di Jakarta, 21 April 2015. Foto oleh Adek Berry/AFP

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said dalam acara World Economic Forum di Jakarta, 21 April 2015.

Foto oleh Adek Berry/AFP

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said menegaskan kembali pernyataannya yang kontroversial tentang mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

“Berkaitan dengan Petral dan sebagainya, saya kira tidak ada keputusan besar dan penting yang tidak melibatkan pimpinan tertinggi negara,” kata Sudirman, Selasa.

Yudhoyono dalam serangkaian tweet-nya pada Senin, 18 Mei, mengatakan dia terkejut dengan pernyataan Sudirman yang dinilainya mendiskreditkan dia. Dia meminta Sudirman untuk mengklarifikasi, karena SBY justru mengaku berupaya memberantas penyimpangan. Selengkapnya di Rappler.com. 

Ribuan orang akan demo Harkitnas di Bundaran HI

Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang jatuh pada 20 Mei, sekitar 2.000 orang yang terdiri dari mahasiswa dan anggota lembaga swadaya masyarakat (LSM) akan berdemonstrasi di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta. "Massa paling banyak 2.000 orang," Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Unggung Cahyono.

Untuk mengantisipasi kemacetan di pusat kota, Unggung mengatakan pihaknya akan lakukan buka tutup arus kendaraan. Jalan-jalan yang akan terkena imbasnya adalah mulai dari Blok M hingga ke arah Hayam Wuruk. Polda Metro Jaya sendiri sudah menyiapkan sekitar 7.000 personelnya untuk berjaga-jaga.  

Jenazah Eri berhasil diangkat dari kawah Merapi

Tim Search and Rescue (SAR) gabungan yang mengevakuasi jasad Eri Yunanto dari kawah Gunung Merapi sudah membawa berhasil mengangkatnya, Selasa pagi. Hal tersebut dilaporkan oleh Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral melalui akun Twitter-nya. Proses evakuasi sudah memakan waktu 4 hari sejak Eri terjatuh pada Sabtu, 16 Mei, lalu.

Car Free Day Jakarta diperluas hingga Kota Tua?

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memiliki rencana untuk memperluas jalur Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB), atau Car-Free Day (CFD), hingga ke kawasan Kota Tua, Jakarta Barat. 

“Selama kegiatan itu menguntungkan dan membawa dampak yang positif untuk masyarakat, saya kira ada baiknya kalau area car-free day itu diperluas, jadi tidak hanya berpusat di tengah kota," kata Gubernur DKI Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama, Selasa, seperti dikutip Antaranews.com. Menurut Ahok, kawasan Kota Tua dilewati oleh bus tingkat pariwisata sehingga memudahkan rencana tersebut. Bagaimana pendapatmu? —Rappler.com