Indonesia wRap: 4 Juni 2015

JAKARTA, Indonesia — Solo siap menyambut pernikahan paling ditunggu tahun ini, Danjen Kopassus minta maaf akibat ulah anak buahnya yang tewaskan seorang anggota TNI AU, dan Ahok berencana naikkan gaji supir bus TransJakarta.

Pernikahan putra Jokowi pada 11 Juni

Pernikahan putra sulung Presiden Joko "Jokowi" Widodo siap dilangsungkan pada 11 Juni 2015 di Solo, Jawa Tengah.  Dilansir dari situs Sekretariat Kabinet, rangkaian acara akan berlangsung selama tiga hari. Pada 9 Juni, akan diadakan siraman dan dilanjutkan dengan Malam Midodareni pada 10 Juni. Acara puncaknya — akad nikah dan resepsi — akan diadakan pada tanggal 11 Juni. Selengkapnya di Rappler.com.

Gaji supir TransJakarta naik 3 kali lipat UMP? 

Gubernur DKI Jakarta Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama siap menggaji supir bus TransJakarta tiga kali lipat dari upah minimum provinsi (UMP), Rabu. Pemprov DKI memiliki kontrak baru dengan operator bus baru. "Kami punya kontrak berbeda dengan operator baru," kata Ahok, seperti dikutip Tempo.co. Dalam kontrak baru ini, gaji supir bus TransJakarta ditaksir akan mencapai Rp 8 juta hingga Rp 11 juta per bulannya. 

Dalam kontrak lama dengan PT Jakarta Mega Trans (JMT), total gaji sopir JMT adalah Rp 3,5 juta  ditambah tunjangan makan setiap harinya. Gaji UMP DKI Jakarta saat ini adalah Rp 2,7 juta.

Pemprov DKI berlakukan aturan baru pajak progresif kendaraan bermotor

Mobil Aston Martin seri Vanquish saat peluncuran dealer resmi Aston Martin Indonesia di Jakarta, 18 Maret 2015. Foto oleh Gatta Dewabrata/Rappler

Mobil Aston Martin seri Vanquish saat peluncuran dealer resmi Aston Martin Indonesia di Jakarta, 18 Maret 2015.

Foto oleh Gatta Dewabrata/Rappler

Provinsi DKI Jakarta akan memberlakukan peraturan baru terkait penerapan pajak progresif untuk kendaraan bermotor. Sebelumnya, indikator yang digunakan hanya nama pemilik kendaraan. Dengan peraturan baru yang tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) Provinsi DKI Jakarta No. 2 tahun 2015, alamat wajib pajak juga akan digunakan sebagai indikator. Peraturan ini tetap akan berlaku meskipun pemilik dari kendaraan-kendaraan tersebut dimiliki oleh orang yang berbeda, selama mereka tinggal di alamat yang sama. Contoh, untuk kendaraan progresif pertama, si pemilik akan dikenakan biaya pajak sebesar 2%. Selengkapnya di Rappler.com.

Ribut Kopassus vs TNI AU, Danjen Kopassus minta maaf 

Perkelahian antara anggota Kopassus dengan anggota TNI AU di sebuah tempat karaoke di Sukoharjo, Jawa Tengah, Minggu, 31 Mei, menewaskan anggota TNI AU Serma Zulkifli. Kasus yang melibatkan belasan anggota Kopassus ini disesalkan oleh Danjen Kopassus Mayjen Doni Monardo. “Kami dari keluarga besar Kopassus ikut berbelasungkawa sebesar-besarnya kepada keluarga korban,” kata Doni. Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma Dwi Badarmanto mengatakan insiden ini terjadi akibat spirit de corps di antara ke dua institusi yang terlalu berlebihan.  

Tommy Sugiarto singkirkan Lin Dan di Indonesia Open

Pebulutangkis Indonesia Tommy Sugiarto bertanding melawan pebulutangkis Tiongkok Lin Dan dalam ajang Indonesia Open Superseries Premier 2015 di Istora Senayan, Jakarta, 3 Juni 2015. Foto oleh Gatta Dewabrata/Rappler

Pebulutangkis Indonesia Tommy Sugiarto bertanding melawan pebulutangkis Tiongkok Lin Dan dalam ajang Indonesia Open Superseries Premier 2015 di Istora Senayan, Jakarta, 3 Juni 2015.

Foto oleh Gatta Dewabrata/Rappler

Pebulutangkis tunggal putra Tommy Sugiarto menaklukkan pemain asal Tiongkok Lin Dan di Indonesia Open Super Series Premier 2015, Rabu. Tommy yang berperingkat 13 dunia itu menaklukkan pemain peringkat dua dunia dalam tiga set 19-21, 21-8, 21-16. "Kunci utama yang pasti keyakinan saya. Selain itu saya lihat di game kedua perubahan Lin Dan pada staminanya, sehingga dia enggak bisa mengikuti ritme saya," kata Tommy seusai bertanding. —Rappler.com