Provide your email for confirmation

Tell us a bit about yourself

country *
province *

why we ask about location

Please provide your email address

Login

To share your thoughts

Don't have an account?

Login with email

Check your inbox

We just sent a link to your inbox. Click the link to continue signing in. Can’t find it? Check your spam & junk mail.

Didn't get a link?

Sign up

Ready to get started

Already have an account?

Sign up with email

By signing up you agree to Rappler’s Terms and Conditions and Privacy

Check your inbox

We just sent a link to your inbox. Click the link to continue registering. Can’t find it? Check your spam & junk mail.

Didn't get a link?

Join Rappler+

How often would you like to pay?

Monthly Subscription

Your payment was interrupted

Exiting the registration flow at this point will mean you will loose your progress

Your payment didn’t go through

Exiting the registration flow at this point will mean you will loose your progress

Berita hari ini: Kamis, 21 September 2017

Hallo pembaca Rappler!

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Kamis, 21 September 2017.

KPK tetapkan satu auditor BPK yang diduga menerima suap Harley Davidson sebagai tersangka

MAKET. Seorang pengunjung tengah melihat maket Gedung Merah Putih KPK. Foto oleh Hafidz Mubarak A/ANTARA

MAKET. Seorang pengunjung tengah melihat maket Gedung Merah Putih KPK.

Foto oleh Hafidz Mubarak A/ANTARA

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan satu auditor Badan Pemeriksa Keuangan berinisial SY sebagai tersangka dalam kasus dugaan penerimaan suap. SY diduga menerima kendaraan mewah dalam kasus terkait audit PT Jasa Marga.

“Ada penahanan tersangka, kasusnya sedang ditangani di tingkat penyidikan,” ujar juru bicara KPK Febri Diansyah saat dihubungi.

Namun, Febri enggan mengungkap secara detail kasusnya. Ia mengatakan keterangan resmi baru akan disampaikan pada Jumat, 22 September.

“Ada kasus baru sedang proses, nanti kami sampaikan informasi lebih lengkap hari Jumat,” katanya.

Selain menerima kendaraan, auditor itu juga diduga menerima sebuah tas. Selengkapnya baca di sini.

Kuasa hukum: Rizieq Shihab batal kembali ke Indonesia tanggal 22 September

BATAL PULANG. Tokoh Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab batal kembali ke Indonesia pada Jumat, 22 September. Foto oleh Raisan Al Farisi/AFP

BATAL PULANG. Tokoh Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab batal kembali ke Indonesia pada Jumat, 22 September.

Foto oleh Raisan Al Farisi/AFP

Beberapa media memberitakan bahwa tokoh Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab akan kembali ke Indonesia pada tanggal 22 September. Pernyataan itu disampaikan kuasa hukum Rizieq, Sugito Atmo Prawiro.

Kepulangan Rizieq seolah akan menjadi kenyataan ketika Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan polisi akan mengamankan Bandar Udara Soekarno-Hatta dalam beberapa hari ke depan. Lokasi yang diamankan adalah tempat mendaratnya pesawat yang ditumpangi Rizieq dari Arab Saudi.

Namun, pernyataan tersebut malah diklarifikasi kembali oleh Sugito. Ia mengatakan kliennya belum berniat pulang ke Tanah Air dalam waktu dekat.

“Terakhir kali saya hubungi, batal pulang 22 September. Belum ada rencana pulang. Insya Allah kalau situasinya sudah memungkinkan,” ujar Sugito.

Sebelumnya, Rizieq diketahui mengirimkan surat yang meminta agar penyelidikan terhadap kasus percakapan dengan konten mesum dihentikan. Namun, permintaan itu ditolak polisi. Selengkapnya baca di sini.

 Atlet wushu yunior Indonesia boyong 9 medali

MEDALI EMAS. Nadya Permata Setiawan (kanan) berhasil meraih medali emas di kejuaraan yunior di Asia pada 21 September lalu. Foto diambil dari akun Facebook

MEDALI EMAS. Nadya Permata Setiawan (kanan) berhasil meraih medali emas di kejuaraan yunior di Asia pada 21 September lalu.

Foto diambil dari akun Facebook

Atlet wushu yunior Indonesia sukses membawa pulang 9 medali dari Ajang Kejuaraan Wushu Yunior di Korea Selatan pada 14-21 September. Sembilam medali itu terdiri atas 1 medali emas, 3 medali perak dan 5 medali perunggu.

Satu medali emas dipersembahkan oleh Nadya Permata Setiawan yang turun di kategori usia 16-18 tahun di nomor Gunshu A. Putri. Medali perak lainnya masing-masing dihasilkan Kenneth Christovani kategori usia 7-12 tahun di nomor Gunshu C Putra dan Kaniya Rizki di nomor Gunshu B putri kategori usia 13-15 tahun.

Selain emas dan perak, atlet wushu juga meraih 5 medali perunggu yang dihasilkan di nomor Taijuquan B Putra atas nama Natahaniel Davin, Orchyda Tsabita P di nomor Jianshu C Putri, Saca Ilmare D nomor Nandao B Putri, Tharisa Dea Florentina di nomor Sanda Putri 52 kilogram dan Thania Kusumaningtyas Sanda Putri 56 kilogram.

Menurut manajer tim Eisen Gouw, prestasi yang diraih anak asuhnya mengalami penurunan jika dibandingkan kejuaraan serupa tahun lalu yang digelar di Mongolia. Saat itu, anak asuhnya dapat meraih empat medali emas dan 1 medali emas di Korea.

“Namun, penurunan kami ini disebabkan lebih banyak karena kami menurunkan atlet wajah baru. Karena yang lama sudah naik ke jenjang senior. Sementara, negara-negara peserta atletnya masih bertahan di kelasnya dan prestasinya lebih maju,” kata Esen melalui pesan pendek. Selengkapnya baca di sini.

Sekjen: Gedung DPR tidak miring tapi mengalami keretakan

TIDAK MIRING. Sekretaris Jenderal DPR memastikan tidak ada kemiringan di gedung Nusantara I DPR. Berdasarkan hasil audit Kemen PUPR ada balok penyangga yang bergeser dan retak. Foto oleh Alviansyah/ANTARA

TIDAK MIRING. Sekretaris Jenderal DPR memastikan tidak ada kemiringan di gedung Nusantara I DPR. Berdasarkan hasil audit Kemen PUPR ada balok penyangga yang bergeser dan retak.

Foto oleh Alviansyah/ANTARA

Sekretaris Jenderal DPR Ahmad Djuned mengklarifikasi kabar yang menyebut Gedung Nusantara I DPR mengalami kemiringan sekitar 7 derajat pasca gempa 2009. Ia mengatakan berdasarkan audit dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, gedung itu tidak mengalami kemiringan. Yang ada malah gedung DPR mengalami keretakan.

“Hasil audit struktur gedung DPR tidak ada kemiringan vertikal. Kami sudah dapatkan hasil audit gedung DPR tidak ada kemiringan arah vertikal,” ujar Djuned dalam seminar rencana pembangunan gedung baru di Komplek Parlemen.

Ia menjelaskan, berdasarkan hasil audit Kementerian PUPR malah menyatakan pergeseran dan keretakan pada balok induk dan anak, yang dimulai dari lantai 6 hingga 23 Gedung Nusantara I. Untuk mengantisipasi kerusakan lebih parah, katanya, Kementerian PUPR merekomendasikan agar ada pembatasan pembebanan Gedung Nusantara I. Tiap meter persegi disarankan agar tidak diberi beban lebih dari 200 kilogram. Selengkapnya baca di sini.

Bank Indonesia tetap memberlakukan aturan tarif biaya isi ulang uang elektronik

KARTU NON TUNAI. Petugas melakukan pengisian data pada u0022e-moneyu0022 atau kartu transaksi non tunai di Sentra Mandiri, Jakarta, Senin, 18 September. Foto oleh Rivan Awal Lingga/ANTARA

KARTU NON TUNAI. Petugas melakukan pengisian data pada u0022e-moneyu0022 atau kartu transaksi non tunai di Sentra Mandiri, Jakarta, Senin, 18 September.

Foto oleh Rivan Awal Lingga/ANTARA

Kendati ditentang publik, Bank Indonesia (BI) tetap menerapkan biaya pengisian saldo uang elektronik sebesar maksimum Rp 1.500,00. Namun, tarif itu baru berlaku jika pengisian dilakukan secara off us atau lintas kanal.

Sementara, pengisian cara on us atau satu kanal diatur dengan dua ketentuan yakni bisa gratis dan jika dikenai tarif maka bertarif maksimum Rp 750,00.

Off us adalah cara pengisian ulang yang dilakukan melalui kanal pembayaran milik penerbit kartu berbeda atau melalui mitra seperti melalui pasar swalayan dan pedagang ritel lainnya. Sedangkan on us adalah pengisian ulang yang dilakukan melalui kanal pembayaran milik penerbit kartu.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia Agusman di Jakarta menjelaskan penetapan batas maksimum biaya isi saldo off us uang elektronik sebesar Rp 1.500 dilakukan untuk menata struktur harga yang saat ini bervariasi.

“Untuk itu, penerbit yang saat ini telah menetapkan tarif di atas batas maksimum tersebut wajib melakukan penyesuaian,” kata dia.

Kendati untuk cara yang on us digratiskan, tetapi jika pengguna mau melakukan isi ulang hingga saldo Rp 200 ribu. Jika isi ulang saldo di atas Rp 200 ribu, maka BI membolehkan bank mengenakan biaya maksimum Rp 750. Selengkapnya baca di sini. 

- Rappler.com