Provide your email for confirmation

Tell us a bit about yourself

country *

Please provide your email address

welcome to Rappler

Login

To share your thoughts

Don't have an account?

Login with email

Check your inbox

We just sent a link to your inbox. Click the link to continue signing in. Can’t find it? Check your spam & junk mail.

Didn't get a link?

Sign up

Ready to get started

Already have an account?

Sign up with email

By signing up you agree to Rappler’s Terms and Conditions and Privacy

Check your inbox

We just sent a link to your inbox. Click the link to continue registering. Can’t find it? Check your spam & junk mail.

Didn't get a link?

Join Rappler+

How often would you like to pay?

Annual Subscription

Monthly Subscription

Your payment was interrupted

Exiting the registration flow at this point will mean you will loose your progress

Your payment didn’t go through

Exiting the registration flow at this point will mean you will loose your progress

welcome to Rappler+

Skandal Puteri Indonesia dari tahun ke tahun

JAKARTA, Indonesia — Siapa bilang jadi Puteri Indonesia itu enak? Hampir semua Puteri Indonesia pernah kena caci karena perbuatan mereka, yang entah sengaja atau tidak, entah terbukti atau hanya rekayasa. 

Jenis kritikan yang paling umum adalah soal pilihan para Puteri Indonesia ini, apakah mereka akan mengenakan pakaian renang one-piece atau two-piece di ajang Miss Universe. Lalu kemudian skandal bahasa, foto panas, perceraian, dan korupsi. 

Yang terbaru adalah koleksi foto liburan Puteri Indonesia 2015 Anindya Kusuma Puteri yang menuai kritikan dari netizen. Pertengahan tahun lalu, Anindya tengah melancong ke Vietnam dan mengunggah fotonya mengenakan kaos bergambar palu arit dan topi caping, dan menuliskan, “I am so Vietnam today”.

Ternyata foto lama itu jadi perbicangan setelah Anindya terpilih menjadi Puteri Indonesia 2015 akhir pekan lalu. Sejumlah netizen mengkritik bahasa Inggris Anindya dan tentunya kaus yang dia kenakan. (BACA: Anindya dari puteri malu jadi Puteri Indonesia 2015)

Foto lama Anindya ini jadi target empuk, apalagi karirnya tengah menanjak. Palu dan arit merupakan simbol komunisme yang banyak ditemukan di Vietnam. Komentar pedas para netizen ditanggapi oleh Anindya dengan menghapus foto tersebut dan mengunggah foto terbaru dengan klarifikasi.

Skandal lainnya, misalnya foto Puteri Indonesia 2014 Elvira Devinamira dengan pria yang diduga mantan Ketua KPK Abraham Samad. Belakangan diketahui bahwa itu adalah rekayasa.

Skandal apa saja yang pernah menimpa para Puteri Indonesia ini? Mari kita lihat satu-satu:

Vena Melinda, 1994. Aktris yang juga guru salsa dan anggota dewan ini bercerai setelah 17 tahun menikah dengan Ivan Fadilla. Dari pernikahannya itu, dia dikaruniai 2 putra. Anaknya yang sulung, Verrell Bramasta sudah mengikuti jejak ayah-ibunya sebagai artis. 

Alya Rohali, 1996. Alya berangkat dari ajang Abang-None Jakarta tahun 1994. Ibu satu anak ini kemudian ‘naik kelas’ dan meraih predikat Puteri Indonesia 1996. Karir di dunia keartisan terbilang mulus, namun pernikahan pertamanya dengan Ery Surya Kelana kandas setelah 4 tahun menikah. Kini Alya sudah menikah lagi dengan Faiz Ramzy Rachbiny.

Angelina Patricia Pingkan Sondakh, 2001. Kisah Puteri Indonesia satu ini panjang dan berliku. Dimulai dari dunia model, kemudian masuk ke dunia politik, Angelina menikah dengan almarhum aktor Adjie Massaid. Dari pernikahan ini dia dikaruniai seorang putra. Nasib Angie mulai berubah ketika suaminya meninggal, dan dia dia terbelit kasus korupsi. Kini Angie mendekam di penjara, dengan gelar baru, Puteri Indonesia pertama yang masuk penjara.

Artika Sari Devi, 2004. Wanita asal Yogyakarta yang tinggal di Bangka Belitung ini sempat jadi omongan karena memilih baju renang two-piece dalam penampilannya di ajang Miss Universe. Artika dianggap tidak pantas mewakili Indonesia dan menuai kontroversi di dalam negeri, namun menorehkan prestasi masuk 15 besar Miss Universe 2005 untuk pertama kalinya di Thailand.

Nadine Chandrawinata, 2005. Wanita berdarah Jember-Jerman ini jadi bulan-bulanan ketika menyebut Indonesia sebagai ‘city’ alias kota, bukan negara. Dia dianggap tidak pintar dan memalukan. Namun bertahun kemudian, Nadine berhasil memperbaiki citranya dengan bertualang menggali potensi keindahan alam Indonesia. Orang-orang yang tadinya menghina, kini balik kagum pada keberaniannya. 

Qory Sandioriva, 2009. Puteri Indonesia satu ini pernah masuk infotainment karena dicari-cari ibundanya. Wakil dari Aceh ini disebut terlibat aliran sesat yang membuat dia lari dari keluarganya. Sementara Qory sendiri mengaku pergi untuk menenangkan diri.

Elvira Devinamira, 2014. Wanita cantik ini mendapatkan cobaan ketika sedang jauh dari tanah air, mengikuti ajang Miss Universe 2015 di Miami. Foto panas antara dia dan pria yang diduga Ketua KPK Abraham Samad beredar di media dan sosial media.

Elvira tutup mata dan telinga, fokus kepada kompetisi yang dia ikuti. Belakangan diketahui foto itu rekayasa semata. Beruntung foto ini tidak sampai menjatuhkan mentalnya. Dia berhasil memenangkan Best National Costume. Pertama dalam sejarah. 

Anindya Puteri, 2015. Koleksi foto liburan Puteri Indonesia 2015 Anindya Kusuma Puteri menuai kritikan dari netizen. Pertengahan tahun lalu, Anindya tengah melancong ke Vietnam dan mengunggah fotonya mengenakan kaos bergambar palu arit dan topi caping, dan menuliskan caption “I am so Vietnam today”. Ternyata foto lama itu jadi perbicangan setelah Anindya terpilih menjadi Puteri Indonesia 2015 akhir pekan lalu. Sejumlah netizen mengkritik bahasa Inggris Anindya dan tentunya kaus yang dia kenakan. -Rappler.com