Maria Harfanti terpilih jadi Miss Indonesia 2015

Dari satu Maria ke Maria lainnya. Maria Harfanti, asal Yogyakarta, berhasil menyabet mahkota MIss Indonesia 2015 semalam, Senin, 16 Februari 2015, dari pemenang tahun sebelumnya, Maria Rahajeng.

Dara berusia 23 tahun ini mengungguli 33 kontestan lainnya untuk memperebutkan tiket menjadi perwakilan Indonesia di ajang Miss World 2015.

Maria kini sedang menempuh pendidikan S2 program Magister Manajemen di Universitas Indonesia.

Dikutip dari laman missindonesia.co.id, anak kedua dari tiga bersaudara ini pernah menjadi delegasi kampusnya semasa sarjana, Universitas Trisakti, dalam sebuah konferensi internasional di Thailand. Ia juga pernah menjadi peserta program pertukaran pelajar internasional pada tahun 2012. 

Mantan asisten dosen ini pun pernah menjadi tenaga pendidik bagi anak-anak tidak mampu di provinsi Guizhou, Tiongkok.

Tak heran, isu pendidikan menjadi salah satu hal yang ia dukung selama masa karantina Miss Indonesia 2015.

Dalam sesi tanya jawab finalis, Maria tampil meyakinkan dewan juri, tentang program yang akan ia jalankan jika terpilih sebagai Miss Indonesia 2015.

“Saya akan mempromosikan dan memakai produk Indonesia, membiasakan masyarakat Indonesia untuk memakainya, agar bisa membanggakan di mata dunia,” jawab Maria. 

Dalam testimoninya di situs missindonesia.co.id, terlihat pula kebanggaannya akan keanekaragaman negara ini.

“Indonesia kaya dengan perbedaan budayanya. Akan tetapi, kita tetap satu di bawah bendera yang sama. Kesatuan inilah yang harus kita jaga dan pertahankan,” ujarnya.

Sedangkan untuk runner-up pertama dan kedua diraih oleh perwakilan dari Sumatera Selatan, Savina Wibowo, dan Papua, Yona Miagan. (BACA: Miss Aceh dikecam karena tak memakai jilbab)

Malam final pemilihan Miss Indonesia 2015 turut dihadiri oleh Miss World 2014 Rolene Strauss. —Rappler.com