Wiranto lantik Satgas Saber Pungli

Rappler.com
Satgas Saber Pungli siap bekerja

Menko Polhukam Wiranto bersama pejabat lain seusai memaparkan Perpres Nomor 87 Tahun 2016 tentang Pembentukan Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar yang telah ditandatani Presiden Joko Widodo di Jakarta, Jumat (21/10). Foto oleh Yudhi Mahatma/ANTARA

JAKARTA, Indonesia – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto hari ini melantik Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli).

“Saya percaya bahwa saudara sekalian mampu melaksanakan tugas sebaik-baiknya mewujudkan kehidupan sebagai bangsa yang bebas dari pungutan liar,” kata Wiranto saat pelantikan di Jakarta, Jumat 28 Oktober 2016.

Satgas Saber Pungli dibentuk pada 21 Oktober lalu, yakni saat Presiden Joko Widodo meneken Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar.

Satgas ini dikomandoi langsung oleh Wiranto sebagai Menteri Koordiantor bidang Politik dan Keamanan. Sementara Ketua Pelaksana dijabat oleh Inspektorat Pengawasan Umum (Irwasum) Polri Komjen Pol Dwi Priyatno.

Anggota tim ini terdiri dari Polri, Kejaksaan Agung, Kemendagri, Kemenkumham, PPATK, Ombudsman, BIN, dan Polisi Militer TNI. Setiap lembaga atau kementerian juga memiliki satu wakil di satgas ini.

Wiranto berharap keberadaan satgas ini bisa langsung membersihkan pratik-praktik pungli yang selama ini telah menggurita di hampir semua level pemerintahan.—dengan laporan ANTARA/Rappler.com