Hasil Formula 1: Juarai GP Meksiko, Hamilton tunda mimpi Rosberg

Rappler.com
Rosberg finish di posisi 2, gagal menjadi juara F1 musim ini di Meksiko

Pembalap tim Mercedes, Lewis Hamilton, menjuarai Grand Prix Formula 1 Meksiko pada 30 Oktober 2016. Foto dari f1.com  

JAKARTA, Indonesia — Pembalap tim Mercedes, Lewis Hamilton, menjuarai Grand Prix Formula 1 Meksiko pada Minggu, 30 Oktober.

Hamilton mengurangi keunggulan rekan setimnya, Nico Rosberg, menjadi 19 angka dan mencegah pembalap Jerman itu mengamankan gelarnya musim ini dengan sisa dua balapan.

Hasil ini membuat perburuan gelar juara musim 2016 masih terbuka bagi kedua pembalap.

Kemenangan ini merupakan kedelapan kalinya pembalap asal Inggris itu berdiri paling tinggi di podium selama musim ini.

Dengan hasil ini, Hamilton menyamai rekor pembalap Perancis, Alain Prost, dalam daftar pemenang terbanyak sepanjang masa dengan 51 kemenangan sepanjang karirnya. 

Hanya Michael Schumacher yang memiliki rekor kemenangan lebih banyak, dengan 91 kemenangan.

Sementara itu, Rosberg, yang akan mengunci gelar seandainya memenangi GP Meksiko dan jika Hamilton berakhir di peringkat kesepuluh atau lebih rendah, finish 8,354 detik lebih lambat dari sang juara, membuat pasangan Mercedes ini finish di posisi satu-dua untuk keenam kalinya di musim ini.

Rosberg dapat mengunci gelar jika ia memenangi balapan satu putaran sebelum putaran terakhir di Sirkuit Interlagos Sao Paulo di Brasil dua pekan mendatang.

Sementara pembalap Ferrari, Sebastian Vettel, menghuni posisi ketiga ketika pembalap Red Bull, Max Verstappen, dihukum setelah bendera kotak-kotak dikibarkan karena pembalap asal Belanda itu mengambil keuntungan saat keluar trek.

—Rappler.com