Bertemu Prabowo dua jam di Hambalang, Jokowi lunasi janji dua tahun lalu

Rappler.com
Prabowo siap memberikan masukan kepada pemerintah

Presiden Joko Widodo (kiri) bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kanan) menunggang kuda disela-sela pertemuan di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Bogor, Senin (31/10). Foto oleh Puspa Perwitasari/ANTARA .

JAKARTA, Indonesia – Presiden Joko “Jokowi” Widodo bertandang ke kediaman Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Desa Bojong Koneng, Hambalang, Jawa Barat, pada Senin siang.

Jokowi bersama rombongan tiba sekitar pukul 12:35 wib. Ia langsung disambut oleh Prabowo. Bahkan keduanya sempat bercipika-cipiki sebelum berjalan masuk ke pendopo.

Pertemuan selama dua jam tersebut berlangsung secara tertutup. Dalam pertemuan tersebut, Jokowi didampingi Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Pandjaitan. 

Selesai pertemuan Presiden Jokowi kemudian membeberkan isi pertemuan. Menurutnya kunjungannya ke kediaman Prabowo dalam rangka memenuhi janji yang diucapkannya dua tahun lalu.

Saat itu, tak lama setelah dirinya terpilih sebagai Presiden, Jokowi mengatakan akan bersilaturahmi ke kediaman Prabowo di Hambalang. “Hari ini saya memenuhi janji itu,” kata Jokowi di Hambalang, Senin 31 Oktober.

Prabowo, seperti diketahui, adalah rival Jokowi dalam pemilihan Presiden dan Wakil Presiden pada 2014 lalu. Namun rivalitas saat pemilihan presiden tersebut telah berakhir.

Saat ini, Jokowi melanjutkan, komunikasi dirinya dengan Prabowo sudah cair kembali. “Bahwa rivalitas itu ada pada saat Pilpres. Tapi setelah itu kita bersama bahu-membahu membangun negara,” kata Jokowi. 

Bahkan, Jokowi melanjutkan, dalam pertemuan tersebut Prabowo menyuguhkan nasi goreng dan memberinya topi serta mengajaknya naik kuda. “Beliau banyak sekali masukan dan pemerintah sangat menghargai apa yang disampaikan oleh Pak Prabowo,” kata Jokowi.

Isi pertemuan 

Mengenai isi pertemuan, Prabowo Subianto mengatakan mereka hanya membicarakan persoalan bangsa secara makro, tidak ada yang spesifik.

Dalam pertemuan tersebut, Prabowo melanjutkan, dirinya dimintai pendapat mengenai berbagai masalah. Menurutnya, Jokowi sangat terbuka menerima saran.

“Beliau sangat terbuka dan meminta pandangan saya. Setiap saat siap diminta pemerintah memberi masukan,” kata Prabowo. —Rappler.com