Malaysia

Kongres PSSI 2016 akan digelar di Ancol

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Kongres PSSI 2016 akan digelar di Ancol
Agenda utama kongres adalah pemilihan pengurus baru PSSI periode 2016-2020. Ada 9 calon ketua umum.

JAKARTA, Indonesia — Kongres Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) akan digelar di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara, pada Kamis, 10 November.

Agenda utama kongres adalah pemilihan pengurus baru PSSI periode 2016-2020. Sebelumnya, sempat terjadi tarik ulur masalah lokasi. 

Awalnya kongres akan dilakukan di Makassar, Sulawesi Selatan, sesuai keputusan PSSI, atau di Yogyakarta seperti yang direkomendasikan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga. 

Namun karena tidak ditemukan kecocokan, akhirnya disepakati untuk melaksanakan kongres di Jakarta, namun belum ditetapkan lokasinya.

Penetapan lokasi kongres di Hotel Mercure Ancol kemudian terkuak setelah muncul surat dari PSSI kepada Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat yang dipublikasikan oleh Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto, pada Senin, 31 Oktober.

Dalam surat tertanggal 28 Oktober itu, tertulis jelas jika pelaksanaan Kongres PSSI digelar di Hotel Mercure Ancol, Jakarta, pada 10 November. 

“Memang benar. Dalam surat yang ditujukan ke KONI, PSSI menetapkan kongres dilakukan di Hotel Mercure Ancol,” kata Gatot. 

Penetapan lokasi kongres di Hotel Mercure Ancol juga diakui oleh Sekretaris Jenderal PSSI Azwan Karim. Menurutnya, surat pemberitahuan lokasi kongres sudah disampaikan ke pemilik suara (voters) maupun tamu undangan yang diharapkan hadir pada kongres pemilihan tersebut.

“Surat pemberitahuan langsung dikirim voters maupun undangan lainnya. Sesuai dengan jadwal, kongres dimulai pukul 09:00 WIB pada 10 November nanti. Peserta kongres akan check out 11 November,” kata Azwan.

Sebelumnya Kelompok 85 yang merupakan gabungan dari pemilik suara mayoritas PSSI menduga jika induk organisasi sepak bola Indonesia itu kesulitan mencari hotel karena terkendala dana. Bahkan kelompok ini meminta pemerintah dalam hal ini Kemenpora memfasilitasinya.

Dengan adanya surat yang ditujukan ke KONI Pusat tersebut menunjukkan jika PSSI berusaha keras untuk menggelar kongres sesuai dengan jadwal. Apalagi kongres ini bakal dihadiri perwakilan Badan Sepak Bola Dunia (FIFA) dan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

Pada kongres ini, ada 9 calon yang bersaing merebut posisi ketua umum, yaitu: 

Kurniawan Dwi Yulianto

Sarman

Ady Rahmayadi

Moeldoko

Eddy Rumpoko

Tony Aprilani

Erwin Aksa

Djohar Arifin Husin 

Bernhard Limbong

Mereka akan bersaing mendapatkan simpati dari 106 pemilik suara. —Antara/Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!