Latin America

Setelah berpisah 14 tahun, Bagito reuni di hari jadi ke-38

Rappler.com
Miing, Didin dan Unang akhirnya tampil bersama lagi

Unang, Ming dan Didin kembali bersama setelah 14 tahun berpisah saat merayakan hari jadi Bagito ke-38 di The Hall, Senayan City, Rabu, 2 November 2016. Foto oleh Rappler.com.

JAKARTA, Indonesia – Bagi generasi angkatan 90-an pastilah familiar dengan trio komedian yang sempat mengisi hari-hari penonton televisi zaman itu. Bagito, grup lawak yang terdiri dari Dedi “Miing” Gumelar, Didin Pinasty dan Unang sempat mencapai puncak kejayaan dengan lawakan-lawakan khas mereka.

Sempat berada di puncak karier, tiba-tiba nama Bagito lenyap begitu saja. Selama 14 tahun, ketiga personel pun menempuh jalannya masing-masing. Namun takdir mempersatukan ketiganya kembali saat merayakan hari jadi Bagito yang ke-38.

Pesta perayaan pun digelar mewah, Selasa, 2 November, bertempat di The Hall, Senayan City, Jakarta. Tak hanya dihadiri Miing, Didin dan Unang sebagai bintang utama, sejumlah komedian yang pernah berjaya bersama Bagito pun terlihat hadir.

Sebut saja Cici Tegal, Rheina Ipeh, Butet Harilda dan Jane Catherine turut berbagi panggung bersama Bagito malam itu. Sayang, Ulfa Dwiyanti yang juga besar bersama Bagito tidak hadir malam itu karena sedang berada di Bali.

Acara yang bertajuk Bagito Returns – Everlasting Memories Reunion ini akan menjadi awal dari comeback Bagito sesungguhnya. Meski sempat terpisah 14 tahun, ternyata ketiganya tidak kehilangan chemistry satu sama lain.

“Prinsip yang perlu diketahui publik bahwa Bagito tidak pernah bubar tapi jalan sendiri-sendiri. Vakum. Tapi ternyata lebih baik bertiga daripada jalan sendiri-sendiri. Tidak ada kesulitan, kok. Komunikasi tidak putus tapi tidak intens. Saya lebih dari 8 tahun di politik dan asik sendiri,” ujar Miing.

Selain lucu, Bagito juga kerap dinilai kritis dengan lawakan-lawakannya di masa lalu. Akankah hal serupa kembali ditampilkan Bagito? “Bagito tidak akan pernah tinggalkan karakternya. Kami pelawak sehat, artinya tidak hina orang, tidak hina fisik orang dan smart,” tambah Miing lagi.

Pertemuan kembali Miing, Didin dan Unang ternyata diawali dari telepon Deddy Corbuzier pada Miing yang bertanya soal Unang dan Bagito. Maklum, saat itu Miing dan Didin saja yang sering terlihat berdua.

Tapi justru hal itu yang memicu ketiganya kembali berkomunikasi. “Hanya dalam waktu dua bulan saja kami bisa reuni,” tambah Miing.

Malam itu semakin spesial dengan penampilan Krisdayanti dan iis Dahlia. Ada pula persembahan Kado dari Sahabat yang disuguhkan Tantowi Yahya, Agus Muharram serta Bimbo.

Acara ini juga sekaligus menjadi ajang pameran perjalanan karier Bagito. Baik berupa kliping koran, buku-buku, kaset lawak, betacam, laser disk dan juga foto-foto lengkap dari mulai awal perjalanan karier mereka sampai hari ini.

“Kami berjalan apa adanya. Teman-teman yang bantuin. Tuhan berkehendak Bagito kembali lagi. Sampaikan ini ke masyarakat, Bagito kembali untuk mengajak Indonesia tertawa,” tutup Miing.

Welcome back, Bagito! –Rappler.com.