Hasil Formula 1: Hamilton juarai GP Brasil, penentuan juara makin ketat

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Hasil Formula 1: Hamilton juarai GP Brasil, penentuan juara makin ketat
Penentuan gelar juara dunia Formula 1 akan berlangsung pada balapan seri terakhir di Abu Dhabi pada 27 November

 

JAKARTA, Indonesia — Pembalap tim Mercedes, Lewis Hamilton, menjuarai GP Brasil dengan catatan waktu 3 jam 1 menit 1,335 detik, pada Minggu, 13 November.

Kemenangan itu memangkas selisih poin antara pembalap asal Inggris itu dan pemuncak klasemen sementara, Nico Rosberg, menjadi hanya 12 poin, sehingga penentuan gelar juara dunia Formula 1 akan berlangsung pada balapan seri terakhir di Abu Dhabi pada 27 November. 

Pada balapan yang diwarnai hujan deras, dua bendera merah dan iringan safety car, Hamilton berhasil mempertahankan performa konsisten untuk memimpin balapan yang berlangsung selama 3 jam sejauh 305,909 kilometer dalam 71 lap. 

Hamilton tidak memberikan celah kepada Rosberg, rekan satu timnya, untuk mengambil alih posisi terdepan. Ia justru semakin menjauh dengan selisih waktu lebih dari 11 detik dengan Rosberg. 

Balapan ini juga diwarnai insiden kecelakaan yang dialami Romain Grosjean sehingga pembalap Haas Ferrari itu terpaksa menyudahi lomba di awal balapan. 

Max Verstappen berhasil memanfaatkan cuaca hujan deras untuk mendahului Kimi Raikkonen dan menyelesaikan balapan di posisi ketiga. 

Nasib sial dialami Raikkonen yang kehilangan kendali sehingga mobil Ferrari yang dikendarainya menambrak dinding pembatas. Beruntung Raikkonen tidak mengalami cedera namun ia tidak melanjutkan balapan. 

Pada lap ke-49, Felipe Massa harus menyudahi balapan terakhirnya di Brasil setelah mengalami kecelakaan di tikungan terakhir. Kecelakaan yang dialami Massa dimaksimalkan Sergio Perez untuk naik ke posisi empat dan menyelesaikan balap dengan selisih waktu 25,346 detik dari Hamilton. 

Sebastian Vettel berada persis di belakang Perez dengan selisih waktu satu detik untuk menyelesaikan balap di peringkan kelima. 

Hamilton dan Rosberg sama-sama berpeluang juara

Balapan Formula 1 menyisakan satu seri di Abu Dhabi yang akan menjadi panggung perebutan juara antara Rosberg yang memiliki 367 poin dan Hamilton 355 poin.

Hamilton bisa meraih juara jika menjuarai balapan di Abu Dhabi dengan syarat Rosberg tidak naik podium. Sebaliknya, Rosberg akan membawa pulang gelar juara jika finish lebih baik dari Hamilton. 

Balap Formula 1 musim 2016 menjadi panggung utama bagi dua pembalap Mercedes itu karena penghuni posisi ketiga, Daniel Ricciardo, dari Red Bull tertinggal 109 poin dari peringkat kedua. 

Kendati demikian, Sebastian Vettel dan Max Verstappen, juga masih bisa memperebutkan posisi empat dan lima karena cuma terpaut lima poin dalam tabel klasemen. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!