Foto: Penampakkan supermoon di berbagai negara

Rappler.com
Supermoon membuat bulan terlihat 14 kali lebih besar dan 30 persen lebih terang

Seorang warga Spanyol menikmati superoon di atas balkon di sebuah gedung di Madrid, Senin (13/11). Foto oleh GERARD JULIEN/AFP

Jakarta, Indonesia – Jika malam ini anda melihat bulan lebih besar dan lebih terang dari malam-malam biasanya, anda tidak keliru. Sebab malam ini bulan berada pada posisi terdekat dengan bumi.

Jarak bulan dengan bumi biasanya sekitar 384.400 kilometer. Malam ini, jarak bulan dengan bumi hanya 356.500 kilometer. Bulan lebih dekat dan karenanya terlihat lebih besar dan lebih terang. Fenomena ini disebut supermoon.

“Bulan purnama di 14 November menjadi yang terdekat di abad 21,” demikian pernyataan NASA. Tak mengherankan jika malam ini bulan akan terlihat 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih terang dari biasanya. 

Fenomena yang sama baru akan terulang pada 2034. Sehingga supermoon malam ini terbilang istimewa sehingga teramat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Berikut foto-foto supermoon yang terjadi di beberapa negara:

Penampakkan super moon di samping Gedung Taipei 101 building di Taipei, Senin (14/11). Foto oleh SAM YEH/AFP  

Supermoon muncul di distrik Kowloon, Hong Kong, Senin (14.11). ISAAC LAWRENCE /AFP


Add to cart

Penampakkan super moon di Washington, DC, Minggu (13/11). Foto oleh Eva HAMBACH / AFP

Seorang warga Spanyol menikmati superoon di atas balkon di sebuah gedung di Madrid, Senin (13/11). Foto oleh GERARD JULIEN/AFP

Penampakkan super moon dari salad satu gedung di Marid, Spanyol, Minggu (13/11). Foto oleh GERARD JULIEN/AFP

 

—Rappler.com