Irfan Bachdim absen berlaga bersama timnas di AFF 2016

Ratu Selly
Pelatih timnas Alfred Riedl berencana mengirim Muchlis Hadi Ning Syaifulloh untuk menggantikan Bachdim berlaga di AFF 2016

PEMUSATAN LATIHAN. Pesepakbola Timnas Indonesia mengikuti pemusatan latihan (pelatnas) di Stadion Maguwoharjo, Sleman, DI Yogyakarta, Kamis, 20 Oktober. Foto oleh Hendra Nurdiyansyah/ANTARA

JAKARTA, Indonesia – Tim nasional sepak bola Indonesia siang ini bertolak ke Filipina untuk mengikuti turnamen piala AFF 2016 yang dimulai pada Sabtu, 19 November. 23 pemain terpilih itu berangkat dengan menumpang pesawat Philippine Airline dengan nomor penerbangan PR 540.

Sayangnya dalam pertandingan AFF kali ini, pemain di lini depan, Irfan Bachdim tidak bisa ikut, lantaran masih dibekap cidera fibula.

“Cideranya Irfan Bachdim bisa dipastikan mengurangi kekuatan lini depan Indonesia. Sementara, penggantian posisi Irfan dengan Ferdinando Pahabol tidak mendapat izin dari manajemen Persipura Jayapura,” ujar pelatih timnas, Alfred Riedl yang ditemui di terminal 2, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang pada Kamis, 17 November.

Riedl kemudian berencana untuk mengikutsertakan mantan penyerang yakni Muchlis Hadi Ning Syaifulloh. Rencananya, Muchlis akan langsung bergabung dengan anggota tim di Filipina. Riedl tidak ingin lini bagian depan bobol dalam ajang turnamen yang digelar setiap dua tahun sekali itu.

Dalam latihan yang sempat dilakukan beberapa waktu lalu, Riedl juga memanggil Jandia Eka Putra untuk pemusatan latihan tahap akhir.

“Sudah dilakukan rangkaian uji coba di Myanmar dan Vietnam. Dan pengurangan jumlah pemain agar terpusat pada latihan tahap akhir,” katanya lagi.

Dalam laga pembuka nanti, timnas Indonesia sudah langsung bertemu dengan lawan berat yakni dari Thailand. Negeri Gajah Putih kerap menjadi penghalang bagi Indonesia untuk merengkuh gelar tertinggi sepak bola di kawasan Asia Tenggara tersebut.

Sebelumnya, dalam hasil uji coba tandang di Myanmar pada tanggal 4 November lalu, Indonesia berhasil menahan tim tuan rumah tanpa gol. Sedangkan saat dijamu Vietnam, Boaz Solossa dan kawan-kawan harus mengakui keunggulan tim tuan rumah dengan skor tipis 3-2. Padahal, sebelumnya Indonesia berhasil unggul.

Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan dalam dua kali uji coba tersebut, akhirnya Riedl memulangkan tiga pemain ke klub masing-masing. Mereka adalah Septian David Maulana (Mitra Kukar), Rizky Pellu (PSM makassar) yang dipulangkan karena alasan teknis. Sisanya, Dominggus Fakdawer (Persipura Jayapura) dipulangkan karena alasan indisipliner.

Selain itu, ada satu pemain yang dipanggil kembali untuk mengikuti pemusatan latihan, yaitu kiper Semen Padang Jandia Eka Putra. Dengan demikian, ada 24 pemain yang akan mengikuti pemusatan latihan akhir. Namun, hanya 23 pemain yang berangkat mengikuti AFF 2016. – Rappler.com