Philippine economy

Hasil Liga Inggris: Gol Diego Costa antar Chelsea ke puncak klasemen

Rappler.com
Chelsea menang 0-1 atas tuan rumah Middlesbrough. Menggeser Liverpool di pucuk klasemen

Diego Costa merayakan golnya yang ke-10 di Liga Inggris musim ini, pada 20 November 2016. Foto dari Facebook/ChelseaFC

JAKARTA, Indonesia — Gol semata wayang yang dicetak penyerang Chelsea, Diego Costa, berhasil membawa timnya memenangi laga pekan ke-12 Liga Utama Inggris dengan mengalahkan Middlesbrough 1-0 di Stadion Riverside, pada Minggu, 20 November. 

Selain berbuah kemenangan, gol tersebut juga mengantarkan Chelsea ke puncak klasemen sementara dengan raihan 28 poin, menggusur Liverpool (27 poin) yang gagal menang di pertandingan Sabtu, 19 November. Sementara itu Middlesbrough (11) tak beranjak dari peringkat ke-15.

(BACA: Hasil Liga Inggris: Arsenal imbangi MU; Liverpool dan City belum aman di puncak)

Kemenangan itu sekaligus menjadi kemenangan keenam beruntun yang diraih Chelsea dan seluruhnya diraih tanpa kebobolan gol dari lawan.

Tim besutan Antonio Conte itu tampil dominan sejak awal pertandingan dan menguasai tak kurang dari 58 persen pengendalian bola serta melepaskan 13 percobaan tembakan yang tiga di antaranya menemui sasaran.

Namun demikian Chelsea harus menunggu hingga menit 41 untuk berhasil menjebol gawang tuan rumah lewat situasi sepak pojok yang gagal diantisipasi dengan baik oleh barisan pertahanan Boro.

Bola sepak pojok yang melayang ke dalam kotak penalti membentur punggung Calum Chambers sebelum jatuh ke area tiang dekat di mana Costa berhasil memenangi perebutan bola dan membawa Chelsea unggul 1-0 atas Boro.

Di sisi lain, aksi penyelamatan penjaga gawang Thibaut Courtois pada menit 78 berhasil memastikan kemenangan Chelsea saat legiun Belgia itu berhasil menghalau tendangan sentuhan pertama Alvaro Negredo di area tiang dekat.

Sebelumnya, Liverpool gagal mempertahankan posisinya di puncak klasemen setelah ditahan imbang Southampton 0-0.

Sedangkan Manchester City membayangi The Reds di peringkat ketiga setelah menang 2-1. Liverpool dan City kini memiliki poin sama, 27, namun tim asuhan Juergen Klopp unggul selisih gol. —Rappler.com