Indonesia

Piala AFF: Timnas Indonesia waspadai umpan silang Filipina

Rappler.com
Evan Dimas siap tampil full time melawan Filipina

Sejumlah pesepak bola timnas Indonesia melakukan latihan ringan di Manila, Filipina, Minggu (20/11). foto oleh Wahyu Putro/ANTARA

JAKARTA, Indonesia – Pelatih tim nasional Indonesia Alfred Riedl meminta para pemainnya mewaspadai umpan-umpan silang Filipina saat kedua tim bertemu dalam laga kedua babak penyisihan Grup A Piala AFF di Philippine Stadium, Bulacan, Selasa malam.

“Kami coba memperbanyak antisipasi bola silang. Karena yang kami lihat, Filipina banyak mengandalkan umpan-umpan silang dan kami coba mengantisipasi serangan seperti itu,” kata Riedl seperti dikutip dari laman resmi PSSI, Minggu 20 November 2016.

Timnas Indonesia meraih hasil mengecewakan di laga pertama babak penyisihan grup setelah ditekuk Thailand dengan skor 2-4. Hasil ini membuat timnas Indonesia kini terdampar di dasar klasemen.

Mereka harus menang di laga kontra Fipilina untuk menjaga peluang lolos ke babak berikutnya. Riedl mengatakan, selain mengandalkan umpan silang seperti laga melawan Thailand, timnya juga telah menyiapkan beberapa strategi lain.

“Tentu akan ada juga umpan-umpan silang, tapi kami akan melakukan kombinasi serangan yang lebih variatif,” kata Riedl. Menurutnya sayap kiri timnas Indonesia cukup bermain apik di laga kontra Thailand.

Selain menyiapkan strategi yang lebih variatif, Riedl juga sudah bisa memainkan gelandang Evan Dimas saat melawan Filipina. Evan hanya bermain sebagai pemain pengganti saat melawan Thailand karena kondisi fisiknya belum 100 persen.

“Saya sudah kasih laporan kepada pelatih bahwa Evan sudah pulih dan siap main. Tapi semua tergantung keputusan pelatih,” kata kepala dokter timnas Indonesia Syarief Alwi kepada media.—Rappler.com