Ahok jalani pemeriksaan sebagai tersangka hari ini

Rappler.com
Seribu pengacara siap dampingi Ahok

Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok (tengah) bersiap untuk menjalani pemeriksaan di Bareskim, Mabes Polri, Jakarta, Selasa (22/11). Foto Reno Esnir/ANTARA

JAKARTA, Indonesia – Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama menjalani pemeriksaan sebagai tersangka dalam kasus dugaan penistaan agama di Mabes Polri, Selasa 22 November 2016.

Ketua Tim Pemenangan Ahok, Prasetio ‎dan juru bicara Ahok, Ruhut Sitompul, tiba pukul 08.30 WIB di Mabes Polri. Keduanya menggunakan kemeja merah kotak-kotak. “Jadi Pak Ahok kan diperiksa sebagai tersangka. Kami dukung beliau saja,” kata Prasetio di Mabes Polri, Selasa 22 November 2016.

Ahok sendiri tiba di Mabes Polri sekitar pukul 09.00 wib. Ia hanya melempar senyum kepada wartawan dan melambaikan tangannya tanpa mau memberikan komentar apapun. Ahok yang biasa mengenakan kemeja kotak-kotak, kali ini datang dengan memakai batik kuning lengan panjang.

Saat dicecar wartawan, Ahok hanya terdiam dan berlalu ke dalam Ruang Rapat Utama (Rupatama) Mabes Polri. Kuasa hukum Basuki Tjahaja Purnama, Sirra Prayuna, mengatakan tidak ada persiapan khusus menghadapi penyidikan oleh Bareskrim hari ini.

“Tidak ada sesuatu yang harus dipersiapkan betul. Paling tentu data, bukti-bukti yang sudah diajukan pada proses penyelidikan. Itu yang kami cek kembali,” kata dia saat tiba bersama rombongan.

Sirra mengatakan tidak ada perbedaan yang akan diberikan kepada penyidik. Semuanya, lanjut dia, sama seperti keterangan yang diberikan pada gelar perkara semiterbuka yang dilangsungkan Selasa pekan lalu.

Hanya saja, keterangan Ahok kali ini untuk kebutuhan projustisia.‎ “Yang mau ditambahkan adalah keterangan yang disempurnakan. Inikan lead-nya sudah selesai,” kata Sirra.

Sementara Juru bicara pasangan Ahok-Djarot, Ruhut Sitompul, mengklaim banyak advokat menghubunginya untuk mendampingi Ahok dalam kasus dugaan penistaan agama.

“Kami tidak bisa menampung semua. Kalau dihitung sudah ada ratusan bahkan seribu lawyer mau mendampingi Pak Ahok,” kata Ruhut. “Saya bilang mohon doanya saja.”  

Ruhut juga menerangkan, selain advokat, dukungan juga datang dari kalangan artis. Ini bisa dilihat dari banyaknya artis yang mendatangi Rumah Lembang, Menteng, Jakarta Pusat. —Rappler.com