Piala AFF: Indonesia ditahan imbang Filipina 2-2

Rappler.com
Indonesia tetap berpeluang lolos ke babak semifinal

Pesepak bola Timnas Indonesia berpose sebelum bertanding melawan Thailand pada putaran final Grup A AFF Suzuki 2016 di Philippinne Sport Stadium, Bocaue, Bulacan, Filipina, Sabtu (19/11). Foto oleh Wahyu Putro A/ANTARA

JAKARTA, Indonesia (Update) – Tim nasional Indonesia ditahan imbang Filipina dengan skor 2-2 dalam laga kedua babak penyisihan Grup A Piala AFF di Philippine Stadium, Bulacan, Selasa malam.

Indonesia sempat unggul lebih dulu lewat gol yang dicetak pemain bek Fachrudin pada menit ke-8. Gol dicetak Fachrudin melalui tandukan setelah menerima umpan lambung Stefano Lilipaly dari sayap kiri.

Namun Filipina berhasil menyamakan skor lewat gol Misagh Bahadoran pada menit ke-31. Gol ini berasal dari tendangan bebas yang berhasil dibelokkan arahnya oleh  Bahadoran.

Indonesia kembali unggul lewat gol yang dicetak Boaz Salossa pada menit ke-68. Namun Filipina kembali membalas lewat gol Younghusband pada menit ke-84. Skor pun berakhir dengan skor 2-2.

Pertandingan di laga ini berlangsung cukup sengit. Kedua tim berusaha mendominasi pertandingan dengan saling serang sejak menit pertama. Dalam 25 menit pertama, misalnya, permainan bola-bola pendek yang diperagakan Andiek Vermansyah dan kawan-kawan cukup merepotkan barisan belakang Filipina.

Permainan cepat dua pemain sayap Indonesia, terutama sayap kiri, juga cukup membuat barisan belakang Filipina keteteran. Namun nafas para pemain Indonesia sepertinya tak panjang. Sebab 20 menit berikutnya mereka tampak kepayahan.

Filipina memanfaatkan situasi ini dengan sangat baik. Mereka beberapa kali menggenjot serangan melalui skema umpan lambung dan pendek. Mereka pun semakin mendominasi babak kedua. 

Peluang Indonesia

Dengan hasil imbang ini, Indonesia belum beranjak dari dasar klasemen Grup A. Mereka hanya mengoleksi 1 poin dari 2 pertandingan. Sementara Filipina kini mengoleksi 2 poin dari 2 pertandingan. Mereka kini bertengger di peringkat kedua klasemen. 

Meski begitu Indonesia masih berpeluang menembus babak semifinal karena masih ada satu laga tersisa, yakni melawan Singapura. Jika Indonesia bisa menekuk Singapura, maka poin Tim Garuda akan menjadi 4 poin. 

Indonesia bisa lolos dengan catatan Filipina bermain imbang atau kalah di laga terakhir. Sebab jika Filipina hanya bermain imbang di laga terakhir, total poin mereka hanya 3 poin. Yang pasti, laga terakhir tidak akan mudah buat Filipina karena lawan mereka adalah Thailand. 

Reaksi Alfred Riedl 

 

Pelatih timnas Alfred Riedl mengatakan Indonesia tidak cukup beruntung memenangi laga ini karena dua kali tendangan dari pemainnya membentur tiang gawang Filipina.

“Sungguh kurang beruntung. Tapi, sepakbola ya memang begitu,” kata Riedl dalam jumpa pers yang digelar sesaat setelah pertandingan, Selasa malam, 22 November 2016.

Riedl mengatakan pertandingan berjalan cukup seru. Kedua tim saling menekan dan berusaha menciptakan peluang. “Kita menyaksikan laga yang menarik dengan momen naik-turun, dengan banyak peluang di kedua kubu,” katanya.

Riedl mengatakan akan sulit bagi timnya untuk maju ke babak semifinal. Sebab Indonesia baru mengoleksi 1 poin dari dua pertandingan di babak penyisihan grup ini. “Kami sekarang baru mempunyai satu angka, yang akan menjadikannya sulit buat kami untuk melaju ke babak berikutnya,” kata Riedl.

—Rappler.com