LIVE BLOG: Perkembangan terkini gempa Aceh

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

LIVE BLOG: Perkembangan terkini gempa Aceh

AFP

Perkembangan terbaru seputar gempa di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh

JAKARTA, Indonesia — Ribuan orang mengungsi akibat gempa yang mengguncang Kabupaten Pidie Jaya, Nanggroe Aceh Darussalam, pada Rabu pagi, 7 Desember.

Gempa dengan kekuatan 6,5 skala richter tersebut menewaskan setidaknya 101 orang hingga Sabtu pagi, 10 Desember. Namun gempa tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Sejumlah warga terpaksa mencari perlindungan di tempat penampungan karena rumah mereka berpotensi ambruk.

Pemerintah telah menetapkan status darurat di provinsi paling ujung barat Indonesia itu selama 2 pekan. Sementara tim search-and-rescue (SAR) gabungan telah menurunkan personel mereka untuk membantu evakuasi korban dari reruntuhan bangunan.

Berikut perkembangan terbaru mengenai gempa di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh:

Sabtu, 10 Desember

Total jumlah korban tewas naik menjadi 101 orang

Setelah sebelumnya menyusut, jumlah korban tewas dalam gempa Aceh kembali naik. Berdasarkan data yang diterima dari BNPB pada hari ini pukul 08:00, total korban tewas menjadi 101 orang. Sebanyak 92 orang di antaranya sudah bisa diidentifikasi. 

Sementara, korban luka turut meningkat menjadi 857 orang. 139 orang mengalami luka berat, 718 luka ringan. Sebanyak 45.329 orang dilaporkan mengungsi karena rumahnya ambruk akibat tak kuat menahan getaran gempa. 

Jumat, 9 Desember

BNPB revisi total jumlah korban tewas dari 102 menjadi 100 orang

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merevisi angka jumlah korban tewas akibat gempa bumi berkekuatan 6,5 SR yang menimpa Provinsi Aceh pada Rabu lalu. Jika data semula tertulis 102 orang tewas, maka direvisi menjadi 100 orang. 

“Setelah kami verifikasi dan koordinasi, korban meninggal saat ini ada 100 orang sesuai data jam 09.00 WIB pagi tadi,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Graha BNPB, Jakarta Timur.

Dari 100 korban tewas tersebut, 96 di antaranya berasal dari Pidie Jaya, 2 dari Kabupaten Bireuen, dan 2 orang di Kabupaten Pidie. Kesalahan jumlah korban tewas ini terjadi karena penghitungan dobel. “Ternyata ada 1 orang yang dicatat 2 kali,” kata Sutopo.

Salat Jumat

Meski puing masih berserakan di mana-mana, namun warga Pidie Jaya tetap menggelar salat Jumat. Berikut foto-foto saat Jumatan digelar:

Karena masjid rusak akibat gempa, warga Pidie Jaya menggelar salat Jumat di halaman masjid. Foto oleh Natashya Gutierrez/Rappler

Karena Masjid Pangwa Mosque rusak akibat gempa, warga Pidie Jaya menggelar salat Jumat di halaman masjid. Foto oleh Diego Batara/Rappler

Presiden Jokowi tiba di Pidie Jaya

Presiden Jokowi saat mengunjungi korban gempa bumi di RSUD Chik Ditiro Sigli, Pidie, Jumat (9/12). Foto diambil dari @pramonoanung/Twitter

Presiden Jokowi tiba di Kabupaten Pidie pada Jumat pagi. Ia langsung mengunjungi korban bencana gempa bumi di Rumah Sakit Umum Daerah Tengku Chik Ditiro Sigli, Kabupaten Pidie. 

Presiden tiba di RSUD Pidie sekitar pukul 08.30 WIB dan langsung disambut oleh pengelola rumah sakit tersebut. Di rumah sakit ini, lebih dari 400 orang korban gempa mendapatkan perawatan. 

Kamis, 8 Desember

Presiden tiba di Banda Aceh

Presiden Jokowi saat menjenguk salah satu korban gempa bumi di Rumah Sakit Zainal Abidin, Banda Aceh, Kamis (8/12). Foto oleh BPMI/Kris/setkab.go.id

 Presiden Joko “Jokowi” Widodo mendarat di Bandara Iskandar Muda, Banda Aceh, dengan pesawat kepresidenan pada Kamis sore sekitar pukul 17.30 WIB. Ia, antara lain, disambut Plt Gubernur Aceh Soedarmo dan Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek.

 Dari bandara, Presiden Jokowi langsung meluncur ke Rumah Sakit Zainal Abidin yang berlokasi di Kota Banda Aceh. Di rumah sakit ini, Presiden menjenguk 23 korban gempa.

Baca selengkapnya di sini.

Warga Aceh kumpulkan donasi untuk bantu korban

Warga Aceh mengumpulkan donasi untuk membantu para korban di Kabupaten Pidie, Kabupaten Pidie Jaya, dan Kabupaten Bireuen.

Pemandangan ini terlihat sepanjang perjalanan menuju Kabupaten Pidie Jaya, daerah yang paling besar terkena dampak gempa. Berikut foto-fotonya:

Foto oleh Natashya Gutierrez/Rappler

Foto oleh Natashya Gutierrez/Rappler

Foto-foto dari lokasi gempa

Reporter Rappler Natashya Gutierrez dan Diego Batara melaporkan langsung dari Kabupaten Pidie Jaya. Berikut adalah foto-foto reruntuhan bangunan yang diambil dari udara:

Foto oleh Natashya Gutierrez/Rappler

Foto oleh Natashya Gutierrez/Rappler

Foto oleh Diego Batara/Rappler

Sejumlah Al-Qur'an yang terselamatkan dari reruntuhan. Foto oleh Diego Batara/Rappler

Lihat foto-foto lainnya dari daerah-daerah yang terdampak gempa di tautan ini.

Status tanggap darurat diberlakukan hingga 20 Desember

Tim SAR mengevakuasi korban dari reruntuhan. Foto oleh Chaideer Mahyuddin/AFP

Pemerintah Provinsi Aceh menetapkan status tanggap darurat selama 14 hari. Status ini diberlakukan untuk mempercepat proses penanganan pasca gempa di Pidie Jaya dan sekitarnya. 

Status tanggap darurat yang berlaku selama 14 hari ini akan berlangsung hingga 20 Desember.

“Gubernur Aceh menetapkan status tanggap darurat bencana melalui surat Nomor 39/PER/2016,” ujar Sutopo.

Selain di Kabupaten Pidie Jaya, masa tanggap darurat ini juga berlaku untuk dua kabupaten lain, yaitu Kabupaten Pidie dan Kabupaten Bireuen yang terkena dampak gempa. 

Menurut Sutopo, penetapan tanggap darurat diperlukan untuk memudahkan penanganan darurat dan kemudahan akses menggunakan potensi sumber daya yang ada.

Total korban tewas telah mencapai 102 orang

Relawan dari Palang Merah Indonesia mengevakuasi jenazah yang tertimpa reruntuhan bangunan. Foto oleh Chaideer Mahyuddin/AFP

Jumlah korban meninggal dunia di Aceh bertambah menjadi 102 orang. 

“Ada kemungkinan akan bertambah karena tim SAR gabungan masih terus melakukan pencarian korban,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam konferensi pers di Jakarta.

Data tersebut berdasarkan rilis BNPB hingga Kamis pagi pukul 06:00 WIB. Secara keseluruhan hingga saat ini, ada 102 orang meninggal dunia, satu orang hilang, 136 orang luka berat, 616 orang luka ringan, dan 3.276 orang mengungsi.

  • 99 orang meninggal dunia (82 korban teridentifikasi), 128 orang luka berat, dan 489 orang luka ringan di Kabupaten Pidie Jaya.
  • 2 orang meninggal dunia, 8 orang luka berat, 127 orang luka ringan di Kabupaten Bireuen.
  • 1 orang meninggal dunia dan 1 orang dinyatakan masih hilang di Kabupaten Pidie.

BNPB juga merilis kerugian materiil dampak dari gempa ini, meliputi 105 unit ruko roboh, 348 rumah rusak berat, 14 masjid rusak berat, satu RSUD Pidie Jaya rusak berat, dan satu unit sekolah roboh. Selengkapnya di sini

Presiden Jokowi akan kunjungi lokasi gempa

Presiden Joko “Jokowi” Widodo dijadwalkan bertolak ke Aceh untuk meninjau langsung perkembangan di Aceh pasca-gempa yang terjadi di Kabupaten Pidie Jaya.

Jokowi akan terbang ke sana setelah melakukan sosialisasi amnesti pajak di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Badung, Bali, pada Rabu. 

Ia akan bertolak menuju Aceh guna bertemu langsung dengan warga Pidie Jaya yang baru saja mengalami musibah bencana gempa bumi. Namun ia menekankan bahwa dirinya tidak ingin mengganggu proses evakuasi yang sedang dilakukan. 

“Tapi yang jelas saya akan ke sana. Saya tidak ingin malah mengganggu proses evakuasi yang ada. Saya sudah perintahkan agar itu berjalan terlebih dahulu,” kata Jokowi. 

Ia menambahkan bahwa pemerintah juga telah bergerak cepat untuk menanggulangi bencana tersebut. 

“Saya sudah memerintahkan kepada Kepala Staf Kepresidenan. Saya perintahkan juga kepada Panglima TNI, Menteri Kesehatan, Kepala BNPB untuk semuanya terjun. Karena setiap jam yang saya ikuti, korbannya terus bertambah,” ucap Presiden. Selengkapnya di sini.

Korban tewas menjadi 99

Kepala Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan bahwa jumlah korban tewas meningkat menjadi 99 orang dan satu orang dinyatakan hilang.

Sedangkan, jumlah pengungsi yang terdata saat ini adalah 3.267 orang.

Rabu, 7 Desember 

Presiden kirim utusan ke Pidie Jaya 

Presiden Joko “Jokowi” Widodo mengatakan sudah mendengar terkait gempa di Aceh. Ia pun langsung memberikan instruksi terkait penanganan gempa kepada otoritas setempat maupun dari pusat.

“Laporan sudah saya terima dan saya sudah perintahkan sesuai dengan otoritasnya,” kata Jokowi ketika memberikan keterangan pers di Istana Negara.

Ia mengatakan sudah menugaskan Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Teten Masduki untuk segera meluncur ke lokasi. Selengkapnya di sini

Bantuan bagi korban mulai dikirim

Proses distribusi bantuan bagi para korban selamat juga telah dilakukan, antara lain datang dari PMI Provinsi Banten. Mereka mengirimkan 500 paket family kit, 500 paket hygiene kit, 1.000 lembar selimut, 200 kantong jenazah, 50 helai rompi dan 500 tarpaulin.

Bupati Pidie Jaya Ayyub Abbas mengatakan bantuan sudah mulai dikirimkan kepada korban, salah satunya berasal dari Kementerian Pekerjaan Umum.

“Mungkin sebentar lagi kami harus siaga dengan bantuan-bantuan lain makanan dan tempat tinggal sementara bagi korban,” kata Ayyub. Selengkapnya di sini 

Korban meninggal 97 orang

Relawan dari Palang Merah Indonesia mengevakuasi jenazah yang tertimpa reruntuhan bangunan. Foto oleh Chaideer Mahyuddin/AFP

Sedikitnya 97 orang dilaporkan meninggal dunia. Sampai Rabu malam, 97 orang dilaporkan meninggal dunia. Jumlah korban masih mungkin bertambah karena evakuasi masih terus dilakukan.

“Semua korban dirujuk ke RSUD Pidie Jaya dan puskesmas,” ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho. 

Gempa 6,5 SR guncang Pidie Jaya

Sebuah rumah ambruk setelah gempa dengan kekuatan 6,5 SR menguncang Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, Rabu (7/12). Foto oleh ZIAN MUTTAQIEN / AFP

Gempa bumi dengan kekuatan 6,5 skala richter mengguncang Pidie Jaya, Aceh, Rabu pagi, 7 Desember.

Gempa bumi dengan kekuatan 6,5 skala richter mengguncang Pidie Jaya, Aceh, Rabu pagi, 7 Desember.

Selain korban meninggal, gempa juga menyebabkan sejumlah puluhan ruko, rumah, dan tempat ibadah ambruk. Diperkirakan masih ada korban yang terhimpit reruntuhan bangunan.

Selengkapnya di sini. —Rappler.com

BACA JUGA:

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!