Jembatan Cisomang masih aman dilalui kendaraan kecil

Rappler.com
Jembatan Cisomang masih aman dilalui kendaraan kecil
Perbaikan pilar jembatan yang bergeser memakan waktu tiga bulan

JAKARTA, Indonesia – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono meninjau langsung Jembatan Cisomang di ruas jalan Tol Purbaleunyi yang dikabarkan bergeser.

Dalam peninjauan tersebut diketahui salah satu pilar jembatan, yakni pilar ke-2 dari 6 pilar yang ada, mengalami pergeseran sejauh 57 cm. 

“Toleransi pergeseran hingga 71 cm, jadi saat ini masih dalam batas aman untuk dilalui,” kata Menteri Basuki di lokasi jembatan Cisomang, Sabtu 24 Desember 2016. 

Menteri Basuki mengatakan jembatan Cisomang masih aman untuk dilintasi kendaran Golongan I, yakni Sedan, Jip, Pick Up/Truk Kecil, dan Bus. Sementara untuk kendaraan di luar Golongan 1 dialihkan.

Pergeseran salah satu pilar jembatan tersebut, menurut Menteri Basuki, karena pergerakan tanah di sekitar jembatan. Untuk itu ia telah memerintahkan pemasangan bore piles di samping pilar yang bergeser dengan kedalaman sekitar 40 meter. 

Setelah itu akan dilakukan penguatan pada pilar dengan selimut fiber. Pekerjaan ini diperkirakan akan memakan waktu hingga 3 bulan dan akan dilakukan evaluasi kembali. Selain itu pada pinggir sungai di dekat jembatan juga akan diletakan  boulder-boulder (batu besar) yang berfungsi menahan gerakan tanah.  —Rappler.com 

 

 

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.