Pemerintah beri remisi Natal kepada 6.700 narapidana

Rappler.com
Pemerintah beri remisi Natal kepada 6.700 narapidana

ANTARA FOTO

Menkumham berkata, remisi Natal jangan hanya dianggap sebagai pengurangan masa tahanan, tapi juga sebagai perenungan diri mengingat kesalahan yang telah dibuat

 

JAKARTA, Indonesia — Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) memberikan remisi khusus kepada 6.707 narapidana pemeluk agama Kristen bertepatan dengan Hari Raya Natal yang jatuh pada hari ini, Minggu, 25 Desember.

Menkumham Yasonna Laoly mengatakan, remisi pada Hari Raya Natal jangan hanya dianggap sebagai pengurangan masa tahanan, tapi juga dipandang sebagai perenungan diri mengingat kesalahan yang telah dibuat.

“Selama menjalani pidana jangan diasumsikan sebagai suatu derita semata, melainkan sikap retrospeksi dan instrospeksi diri untuk kembali ke jalan keimanan dan kebenaran,” kata Yasonna sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh para Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Kepala Rumah Tahanan (Rutan) di berbagai penjuru di Tanah Air.

Dari jumlah tersebut, 6.628 orang mendapat remisi khusus sebagian, atau RK I, sedangkan yang mendapat remisi khusus langsung bebas, atau RK II, sebanyak 79 orang.

Pemberian pengurangan masa hukuman tersebut merupakan bentuk penghargaan kepada para penghuni yang berkelakuan baik. 

Narapidana yang mendapatkan remisi khusus adalah mereka yang telah memenuhi persyaratan administratif dan substantif, sesuai ketentuan dan peraturan perundangan yang berlaku, di antaranya telah berstatus sebagai narapidana minimal 6 bulan pidana penjara, tidak melakukan pelanggaran selama menjalani pidana, serta aktif mengikuti program dan kegiatan pembinaan di lapas/rutan.

Berdasarkan data smslap.ditjenpas.go.id per 21 Desember 2016, jumlah warga binaan yang menghuni lapas dan rutan di seluruh Indonesia mencapai 203.808 orang, terdiri dari tahanan 65.390 orang dan narapidana 138.418 orang. Sementara kapasitasnya hanya 118.952 orang. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.