Puluhan narapidana kabur dari Lapas Banjarbaru

Rappler.com
Puluhan narapidana kabur dari Lapas Banjarbaru
Penyebab kaburnya narapidana belum diketahui

BANJAR BARU, Indonesia — Puluhan narapidana dan tahanan penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIIB Banjarbaru, Kalimantan Selatan, kabur dari sel pada Senin dinihari.

“Benar kami mendapatkan laporan mengenai narapidana dan tahanan yang kabur. Jumlahnya sebanyak 31,” kata Kepala Kepolisian Resor Banjarbaru AKBP Eko Wahyuniawan, Senin 26 Desember 2016.

Eko mengatakan, dari 31 tahanan yang kabur, 17 di antaranya telah ditangkap. Selain itu 4 tahanan lainnya juga sudah diamankan namun belum diserahkan ke Mapolres. 

Mereka akan menjalani pemeriksaan di Mapolres sebelum diserahkan kembali ke Lapas untuk diproses lebih lanjut. “Mereka segera dikembalikan ke lapas jika pemeriksaan sudah selesai,” kata Eko.

Menurut Eko, untuk memburu para tahanan yang kabur, pihaknya telah menerjunkan puluhan anggota Kopolisian dan telah dibantu personel dari kesatuan Brimob Polda Kalimantan Selatan. “Kami masih melakukan pengejaran,” Eko melanjutkan. 

Sampai saat ini, Eko melanjutkan, pihaknya belum mengetahui persis penyebab kaburnya puluhan penghuni lapas tersebut karena mereka masih fokus pada upaya penangkapan kembali.

“Soal apa penyebab dan bagaimana mereka kabur, kami belum mengetahui detailnya. Silakan tanyakan kepada pihak lapas karena kewenangan ada di tangan mereka,” ujarnya. —dengan laporan ANTARA/Rappler.com

 

  

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.