10 topik yang paling sering dibicarakan di Facebook sepanjang 2016

Rappler.com
10 topik yang paling sering dibicarakan di Facebook sepanjang 2016
Mulai dari isu sosial politik, video games, hingga dunia olahraga

JAKARTA, Indonesia — Media sosial menjadi wadah orang untuk berdiskusi dan mengemukakan pendapatnya tentang berbagai isu yang sedang hangat dibicarakan.

Facebook menjadi salah satu platform sosial media yang paling banyak digunakan di dunia. Para pengguna Facebook membicarakan topik yang beragam sepanjang 2016 ini, mulai dari isu politik, sosial, hingga dunia hiburan dan olahraga.

Apa saja topik paling populer di Facebook sepanjang 2016? Berikut 10 di antaranya.

1. Pemilu Presiden Amerika Serikat

Tidak mengagetkan bahwa topik Pemilu Presiden AS tahun ini menjadi topik yang paling diperbincangan di Facebook. Untuk pertama kalinya, Facebook menyiarkan secara langsung debat kandidat presiden lewat fitur live video.

Fitur ini membuat semua orang di seluruh penjuru dunia dapat dengan mudah mengakses dan mendiskusikan debat yang sedang disiarkan. Sebanyak 30 juta pengguna Facebook tercatat menyaksikan siaran langsung hasil Pemilu di akun Facebook milik NBC News.

2. Politik Brasil

Pada Maret 2016, ratusan warga Brasil mendatangi istana presiden untuk memprotes penunjukan Lula sebagai kepala staf presiden. Para demonstran menggunakan Facebook sebagai alat untuk mengemukakan pandangan mereka, menciptakan lebih dari 4 juta percakapan. Keesokan harinya saat Lula disumpah, sebanyak 4 juta orang lainnya kembali menggunakan Facebook untuk menyampaikan protes mereka.

3. Pokemon GO

Banyak orang yang membuat Facebook Group dan membuat undangan acara gathering untuk menangkap Pokemon bersama-sama. Lebih dari 7 ribu grup dibuat, memberikan info-info yang dibutuhkan para Pokemon trainer. Halaman resmi Pokemon GO Global memiliki lebih dari 200 ribu anggota aktif, yang kebanyakan berasal dari AS, Filipina, dan Indonesia.

4. Black Lives Matter

Kampanye Black Lives Matter (hidup orang kulit hitam berarti) menjadi viral berkat fitur Live dari Facebook. Para saksi dapat berinteraksi langsung dengan warga lainnya dan mendapat dukungan dari seluruh dunia.

5. Rodrigo Duterte dan Pemilu Presiden Filipina

Presiden Filipina yang baru terpilih Rodrigo Duterte juga banyak dibicarakan di Faceboo sepanjang 2016. Sebelum dan seusai Pemilu Presiden Filipina, sebanyak lebih dari 10 juta orang berdiskusi di Facebook tentang Duterter dan Pemilu.

6. Olimpiade

Facebook menjadi tempat banyak orang untuk mengikuti kiprah atlet dan tim favorit mereka di Olimpiade Rio 2016. Perenang peraih medali emas Michael Phelps menggunakan fitur Facebook Live untuk mengumumkan kabar pensiun. Banyak pula tim, atlet, serta media yang menggunakan Facebook untuk berhubungan dengan para suporter di dalam dan luar lapangan.

7. Brexit

Hasil mengagetkan dari referendum di Inggris Raya juga menjadi topik yang banyak dibicarakan pengguna Facebook. Keluarnya Inggris Raya dari Uni Eropa membuat lebih dari 16 juta percakapan setelah hari referendum pada 23 Juni lalu.

8. Super Bowl 50

Sebanyak 60 juta pengguna Facebook dengan jumlah 200 juta posting, komentar, dan likes, membicarakan soal Super Bowl 50. Cam Newton dan Peyton Manning menjadi pusat percakapan yang terjadi, dengan 10 juta orang yang berbicara tentang Manning serta 5 juta orang berbicara tentang Newton.

9. David Bowie

Lebih dari 45 juta pengguna Facebook membicarakan David Bowie setelah kabar meninggalnya penyanyi legendaris tersebut. Para penggemar Bowie menuliskan ungkapan sedih mereka serta membuat undangan pesta penghormatan untuk Bowie.

10. Muhammad Ali

Meninggalnya petinju legendaris Muhammad Ali juga menjadi buah bibir para pengguna Facebook.  Selama 24 jam setelah kabar meninggalnya Ali tersebar, terdapat 110 juta interaksi yang berkaitan dengannya.

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.