Apa yang paling banyak dicari masyarakat Indonesia di Google pada 2016?

Patty Pasion
Apa yang paling banyak dicari masyarakat Indonesia di Google pada 2016?
Demam Pokemon GO, gerhana matahari, Valak, hingga ‘bagaimana cara move on’

JAKARTA, Indonesia — Menjelang akhir tahun, Google kembali merilis daftar penelusuran teratas di platform mereka. Seperti tahun-tahun sebelumnya, daftar ini memuat kata kunci yang paling sering dicari masyarakat di berbagai negara dalam kurun satu tahun.

Sejumlah peristiwa penting dan tren di Tanah Air pun tak luput terekam dalam daftar ini. Kata kunci apa saja yang paling banyak dicari masyarakat Indonesia sepanjang 2016?

Pokémon GO yang meroket sekaligus tenggelam

 Sebuah Pokemon berhasil ditangkap ke dalam PokeBall dalam aplikasi Pokemon Go. Foto oleh Adinda Putri/Rappler

Tahun 2016 menjadi tahun emas bagi Pokémon GO, sebuah game augmented reality berbasis lokasi. Di Indonesia, game besutan Nintendo ini berhasil menduduki peringkat pertama dalam pencarian teratas Google. Bahkan, pencarian kata kunci Pokémon GO melonjak pada Juli 2016, sebelum game ini dirilis secara resmi di Tanah Air.

Tak cuma di Indonesia, Pokémon GO juga menyedot perhatian masyarakat Asia, seperti di Hong Kong, Jepang, dan Taiwan. Game ini bahkan menduduki posisi 10 pencarian teratas di India, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Meledak secara tiba-tiba, tidak membuat Pokémon GO berumur panjang. Game ini kehilangan dua belas juta pengguna hanya satu bulan setelah game tersebut dilempar ke pasaran.

Gerhana Matahari

 GMT. Gerhana Matahari Total yang terlihat di langit Svalbard, Norwegia, 20 Maret 2015. Foto oleh Olav Jon Nesvold/Norway Out/EPA

Gerhana Matahari mengekor Pokémon GO dalam pencarian terpopuler Google. Fenomena alam yang terjadi pada Maret 2016 ini ternyata memancing rasa penasaran masyarakat yang ingin menyaksikan gerhana matahari total. Di belakangnya terdapat kata kunci Timnas Indonesia. 

Samsung Z2 

Selain penelusuran terpopuler secara umum, Google juga merangkum berbagai pencarian lain berdasarkan kategori. Di kategori teknologi, misalnya, smartphone Samsung Z2 menjadi kata kunci yang paling banyak dicari. Ia bahkan mengungguli pesaingnya, Oppo F1, yang hanya meraih posisi keempat. Line Webtoon, JOOX music, Oppo F1, dan Roblox menyusul di belakang Samsung Z2 berturut-turut pada posisi kedua hingga kelima.

‘Conjuring 2’ 

Valak, sosok iblis menyeramkan di 'The Conjuring 2: The Enfield Poltergeist'. Foto dari Warner Bros Pictures

Kehebohan film The Conjuring 2 turut mendongkrak hasil pencariannya di Google. Conjuring 2 menduduki posisi pertama dalam kategori film, disusul oleh kata kunci Deadpool, Now You See Me 2, Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1, dan Train to Busan

Popularitas film Conjuring 2 juga turut mengerek ketenaran sosok hantu di dalamnya yang bernama Valak. Sosok Valak yang menyeramkan justru mendorong banyak orang membuat meme lucu. Alhasil, meme Valak ini menempati urutan pertama pencarian terpopuler Google untuk kategori meme. Kata kunci meme berikutnya dalam kategori ini adalah Dimas Kanjeng, Mukidi, Mario Teguh, dan dear mantan. 

Bagaimana cara… 

Kategori “bagaimana cara” masih muncul di pencarian terpopuler Google tahun ini. 

“Cara shalat gerhana” menjadi kata kunci yang paling banyak dicari dalam kategori ini. Di posisi kedua hingga kelima berturut-turut diisi oleh kata kunci “cara bikin jeans belel”, “cara bikin slime”, “cara move on”, dan “cara memutihkan badan”.

Apakah kata kunci-kata kunci yang disebutkan di atas merupakan salah satu yang kerap kamu cari? —Rappler.com

Artikel ini sebelumnya diterbitkan di Tech in Asia

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

author

Patty Pasion

Patty leads the Rappler+ membership program. She used to be a Rappler multimedia reporter who covered politics, labor, and development issues of vulnerable sectors.