Kapal Zahro Express terbakar, Kapolda serahkan jenazah korban

Sakinah Ummu Haniy
Kapal Zahro Express terbakar, Kapolda serahkan jenazah korban
20 korban tewas sulit diindentifikasi karena mengalami luka bakar

JAKARTA, Indonesia – Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan menyerahkan tiga jenazah korban terbakarnya KM Zahro Express kepada keluarganya di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin 2 Januari 2017.

Ketiga jenazah tersebut atas nama Tjung Tho Kie, Nia Kurniati (33 tahun) dan Dewi (35 tahun). Nia Kurniati diketahui sedang mengandung atau hamil tiga bulan. “Dari 20 korban tewas, baru tiga yang teridentifikasi,” kata M Iriawan di RS Polri, Senin 2 Januari 2017.

Kapolda mengatakan dari 23 korban tewas tersebut, 20 di antaranya tewas karena mengalami luka bakar. Sisanya, yakni tiga orang, tewas karena tenggelam.

Seperti diberitakan sebelumnya, KM Zahro Express terbakar pada Minggu, 1 Januari 2017. Kapal tersebut berangkat dari Pelabuhan Muara Angke menuju Pulau Tidung di Kepulauan Seribu. 

Tak lama setelah berlayar, kapal tiba-tiba terbakar. Beberapa penumpang mengatakan mereka sempat mendengar ledakan sebelum api melahap badan kapal. Asap hitam mengepul hingga ke ruang penumpang.

Akibatnya para penumpang menjadi panik. Mereka berlarian ke luar ruangan penumpang, banyak dari mereka nekat terjun ke laut. Akibat insiden ini, 23 orang tewas, 17 lainnya masih dalam pencarian.

Saat ini kasus tersebut masih diselidiki oleh pihak berwenang. Pemeriksaan meliputi ABK, pemilik kapal, hingga nakhoda. “Manifes yang ada hanya 100 penumpang, padahal di data saya ada 190,” kata Kapolda M Iriawan.  —Rappler.com 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.