Polri usut dalang di balik buku Jokowi Undercover

Rappler.com
Polri usut dalang di balik buku Jokowi Undercover
“Kita akan lihat siapa di belakang dia. Kita akan usut,”

 

JAKARTA, Indonesia — Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan pihaknya akan mengusut dalang di balik penulisan buku berjudul ‘Jokowi Undercover’.

“Kita akan lihat siapa di belakang dia. Kita akan usut,” kata Kapolri Tito Karnavian di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu 4 Januari 2017.

Buku ‘Jokowi Undercover: Melacak Jejak Sang Pemalsu Jatidiri’ ditulis oleh Bambang Tri. Dalam buku tersebut, Bambang antara lain menuduh Presiden Jokowi memalsukan data dirinya saat mencalonkan diri dalam pemilihan presiden dan wakil presiden 2014.

Polisi kemudian menangkap Bambang Tri di Kecamatan Tunjungan, Blora, pada Jumat, 30 Desember 2016. Ia ditangkap atas dugaan menyebarkan ujaran kebencian dan fitnah.

Kapolri mengatakan, untuk menulis buku, diperlukan metodologi, data pendukung, serta fakta yang terverifikasi. Semua ini tidak dilakukan oleh Bambang Tri.

“Contoh mengatakan Bapak Jokowi ini keturunan dari A, kami tanya punya data pendukung, data primer, gak? Dokumen, akte lahir, atau sumber pertama orang yang mengetahui. Tidak ada,” kata Kapolri Tito Karnavian.

Menurut Tito, Bambang Tri tidak memiliki kemampuan menulis buku. Tito juga menilai Bambang Tri tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang metodologi penelitian. “Kemampuan menulisnya berantakkan,” Tito melanjutkan.

Karena itu, Kapolri Tito Karnavian menduga ada yang menggerakkan Bambang Tri. Namun ia belum mau menyebut siapa dalang di balik buku berjudul “Jokowi Undercover” ini. “Kita akan dalami siapa yang menggerakkannya,” kata Tito. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.