Ketika sidang Ahok mengubah ‘Pizza Hut’ menjadi ‘Fitsa Hats’

Rappler Social Media Team
Ketika sidang Ahok mengubah ‘Pizza Hut’ menjadi ‘Fitsa Hats’
Berkat Novel, mulai sekarang kita memesan ‘fitsa’ di Fitsa Hats

 

JAKARTA, Indonesia – Sidang keempat kasus penodaan agama dengan terdakwa Gubernur DKI Jakarta Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama telah digelar di Gedung Kementerian Pertanian, Selasa 3 Januari 2017.

Dalam persidangan ini, Jaksa Penuntut Umum menghadirkan 4 saksi untuk dimintai keterangan. Keempatnya yakni Novel Bamukmin, Gus Joy Setiawan, Muchsin, dan Syamsu Hilal.

Salah satu saksi, yakni Sekretaris Jenderal DPD Front Pembela Islam (FPI) DKI Jakarta Novel Chaidir Hasan Bamukmin, menjadi pelapor pertama yang memberi keterangan. Novel juga membawa bukti-bukti dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Ahok.

(BACA JUGA: Kesaksian para pelapor di sidang Ahok)

Menurut Novel, dalam kasus-kasus penodaan agama sebelumnya, tersangkanya selalu ditahan. “Ahok ini satu-satunya tersangka dalam kasus penodaan agama yang lolos (tidak ditahan),” katanya.

(BACA JUGA: Jadi saksi di persidangan, Novel Chaidir minta Ahok ditahan)

Pada konferensi pers yang dilakukan usai persidangan, Ahok mengungkapkan keberatannya mengenai para saksi. Ia juga membeberkan kejanggalan pada Berita Acara Pemeriksaan (BAP) milik Novel. Ahok membacakan BAP Novel, dituliskan bahwa pada tahun 1992-1995, Novel pernah bekerja di restoran ‘Fitsa Hats”.

“Salah satu saksi mungkin malu karena kerja di Pizza Hut, punya orang Amerika. Di berita acara, tulisan Pizza Hut-nya itu dia sengaja ubah, saya pun sampai ketawa karena ketika ditanya akhirnya ngaku,” kata Ahok. Menurut Ahok, Novel berkata tidak memperhatikan apa yang ditulis di BAP, padahal setiap halaman harus ditandatangani. 

Sedangkan, riwayat hidup ditulis langsung oleh saksi, bukan pihak kepolisian.

Ketika ditanya wartawan mengenai motivasi Novel, Ahok kembali berkomentar, “Ya saya kira mungkin dia malu, karena dia mempunyai pandangan tidak boleh dipimpin oleh orang yang beda iman. Dari RT, RW, tidak boleh yang tidak seiman.”

Pada Rabu pagi, 4 Januari, Fitsa Hats sempat menjadi trending topic di Twitter. Bahkan sudah muncul akun Twitter @FitsaHatsID.


Sidang Ahok yang kali ini ajaib.


Lapar? Pesan Fitsa Hats saja!


Netizen yang budiman mengingatkan Ahok untuk makan malam.


Abang-abang ojek delivery pun kesulitan mencari letak Fitsa Hats.


Inikah wujud Fitsa Hats yang sesungguhnya?


Jangan sebut Amerika ketika memesan ‘fitsa’ di Fitsa Hats.


Netizen Indonesia bahkan membalas tweet dari TIME mengenai Pizza Hut dengan… apa lagi kalau bukan Fitsa Hats.


Adakah meme Fitsa Hats favoritmu? Tweet ke kami di @RapplerID!

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.