Pemerintah bentuk Dewan Kerukunan Nasional

Rappler.com
Pemerintah bentuk Dewan Kerukunan Nasional
Selama ini semua masalah di Indonesia selalu digiring ke pengadilan

JAKARTA, Indonesia — Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Pulhukam) Wiranto mengatakan pemerintah akan segera membentuk Dewan Kerukunan Nasional.

Dewan ini nantinya akan mengajak masyarakat untuk tidak selalu membawa suatu masalah ke pengadilan, namun menyelesaikannya terlebih dahulu dengan bermusyawarah.

“Karena Indonesia memiliki sejarah, dan setiap suku bangsa di Indonesia selalu menyelesaikan masalah terlebih dahulu dengan cara musyawarah mufakat,” kata Wiranto di Istana Kepresidenan Bogor, Rabu, 4 Januari 2017.

Wiranto mengatakan lembaga-lembaga adat yang ada di seluruh negeri ini sebenarnya napasnya menyelesaikan konflik dengan cara-cara musyawarah mufakat, dengan cara damai, bukan dengan cara-cara konflik. 

“Karena kita mengadopsi undang-undang dari Eropa maka kalau ada masalah, kasus yang ada di masyarakat maka kita larikan ke proses peradilan, proses projustisia,” kata Wiranto.

Menkopolhukam berharap dengan dibentuk Dewan Kerukunan Nasional, jika ada konflik di masyarakat proses yang diinginkan adalah dengan cara menyelesaikannya secara nonprojustisia, bukan malah membaanya ke pengadilan. 

Wiranto menilai saat ini semua kasus di Indonesia didorong masuk proses peradilan, sehingga tidak sesuai dengan budaya Indonesia sehingga perlu dibentuk adanya Dewan Kerukunan Nasional. —dengan laporan ANTARA/Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.