Aung San Suu Kyi kunjungi Indonesia akhir Januari

Rappler.com
Aung San Suu Kyi kunjungi Indonesia akhir Januari

AFP

Kerjasama ekonomi Indonesia-Myanmar akan digenjot

JAKARTA, Indonesia — Pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi akan berkunjung ke Indonesia pada akhir Januari 2017. Ini akan menjadi kunjungan pertamanya sejak Myanmar memiliki pemerintahan baru pada Maret tahun lalu.

“Ini akan menjadi kunjungan perkenalan karena sejak pemerintah baru terbentuk tahun lalu, pemimpin kami belum pernah mengunjungi Indonesia,” ujar Duta Besar Myanmar untuk Indonesia U Aung Htoo di Jakarta, Rabu 4 Januari 2017.

Selain untuk berdialog dengan para pemimpin Indonesia, kunjungan Aung San Suu Kyi juga untuk memyampaikan rasa terima kasihnya atas bantuan dan dukungan Indonesia terhadap rakyat Myanmar selama ini.

Seperti diberitakan sebelumnya, Presiden Joko “Jokowi” Widodo mengirimkan 10 kontainer berisi bantuan kemanusiaan dari Indonesia untuk masyarakat Rakhine, Myanmar. Bantuan terdiri atas mie instan, makanan, susu bayi, serta pakaian.

Selain untuk mengucapkan terimakasih, Pemerintah Myanmar juga berharap melalui kunjungan Suu Kyi hubungan kedua negara bisa semakin erat, khususnya dalam kerja sama ekonomi.

Aung Htoo dalam pidatonya menyebutkan saat ini investasi Indonesia di Myanmar masih sangat terbatas dengan nilai perdagangan kedua negara kurang dari 500 juta dolar AS.

Meskipun telah terjalin kerja sama yang baik antara perusahaan asal Indonesia, Lippo Group, dan mitranya di Myanmar yakni Pan Hlaing Group dalam pembangunan rumah sakit, Pemerintah Myanmar ingin lebih mendorong peningkatan investasi dan kerja sama perdagangan antarkedua negara.

Karena itu Myanmar menyambut baik minat investasi beberapa BUMN Indonesia, seperti PT Pertamina (Persero), PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, PT Timah Tbk, dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk untuk mengembangkan bisnis di negara tersebut.

“Pertamina sedang menjajaki rencana pembukaan SPBU, sementara Telkom ingin mengajukan izin usaha di Myanmar,” kata Aung Htoo. —dengan laporan ANTARA/Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.