7 alasan mengapa ‘Goblin’ menjadi K-drama yang wajib ditonton saat ini

Yetta Tondang
7 alasan mengapa ‘Goblin’ menjadi K-drama yang wajib ditonton saat ini
Penikmat K-drama dijamin terbuai oleh alur cerita dan akting para pemeran di serial 'Goblin'

JAKARTA, Indonesia – Anak gaul drakor (drama Korea) pasti saat ini pernah atau sedang memusatkan perhatian mereka pada serial berjudul Goblin.

Sejak episode pertamanya tayang pada 2 Desember 2016 lalu, kisah Goblin selalu ditunggu-tunggu penggemar drakor. Bahkan hingga tayangan 16 episodenya tuntas, masih terasa sulit move on dari Goblin.

Dengan angle cerita fantasi, ditambah aktor dan aktris pendukung yang namanya tak perlu diragukan lagi, tak heran jika Goblin mencuri perhatian penonton. Tapi sebenarnya apa yang membuat serial ini digilai banyak penggemar di seluruh dunia?

Berikut 7 hal yang mengungkap mengapa Goblin wajib ditonton para penikmat K-drama:

Gong Yoo

Nama aktor kelahiran Busan, 10 Juli 1979 ini memang seperti menjadi jaminan utama. Apalagi, akting Gong Yoo di layar kaca memang sudah dinanti penggemarnya. Maklum saja, Gong Yoo sudah empat tahun vakum dari drama televisi. Terakhir, ia tampil di serial Big di tahun 2012.

Foto dari screen capture akun YouTube tvN Drama.

Selama masa vakum tersebut, Gong Yoo fokus berakting di layar lebar. Sejumlah film yang dibintanginya sangat sukses di Korea dan dunia. The Suspect, A Man and A Woman, The Age of Shadows dan tentu saja, Train to Busan yang meraup sukses internasional.

Goblin menjadi penanda kembalinya Gong Yoo ke layar kaca. Gong Yoo yang di layar lebar selalu terliihat serius ternyata mampu memainkan emosi penonton di Goblin. Ia bisa melucu dengan natural, menjadi sosok pria romantis tanpa dipaksakan sekaligus menjadi sosok serius tapi tak berlebihan.

Foto dari screen capture akun YouTube tvN Drama.

Dan tentu saja, selain pengalaman dan kualitas akting papan atas, Gong Yoo membuat semua penonton terbuai dengan wajah tampan, senyum menawan dan tatapan matanya yang “mematikan”.

Duet maut sutradara dan penulis skenario

Di industri K-drama, nama sutradara Lee Eun Bok sudah tak asing lagi. Ditambah lagi dengan kehadiran sang penulis cerita kenamaan, Kim Eun Sook. Ini adalah kolaborasi kedua Eun Bok dan Eun Sook. Sebelumnya, duo ini sukses dengan serial Descendants of the Sun yang juga meraup popularitas luar biasa.

Sebenarnya ada cerita unik di balik kerjasama antara Eun Sook dan Gong Yoo. Sudah bertahun-tahun Eun Sook mengincar Gong Yoo untuk memerankan salah satu karakter di dramanya.

Foto dari screen capture akun YouTube tvN Drama.

Bahkan pernah disebut, karakter Big Boss yang diperankan Song Joong Ki di Descendants of the Sun pun tadinya ditawarkan pada Gong Yoo. Tapi karena alasan ingin fokus ke film layar lebar, Gong Yoo menolak secara halus semua tawaran Eun Sook.

Awalnya, Gong Yoo pun menerima skrip Goblin karena sopan santun dan rasa hormatnya pada Eun Sook. Siapa sangka, akhirnya Gong Yoo tertarik dengan naskah Goblin dan setuju bergabung dan memerankan karakter Kim Shin, sang goblin.

Sinematografi sekelas film layar lebar

Selain angle cerita fantasi yang unik, hal yang membuat penonton jatuh cinta dengan serial Goblin adalah teknik sinematografinya. Untuk tayangan sekelas serial televisi, gambar-gambar yang ditunjukkan di Goblin sangat indah dan di atas rata-rata.

Foto dari screen capture akun YouTube tvN Drama.

Berwarna, epic dan memanjakan mata. Itu yang membuat Goblin sangat indah dan nyaman untuk disaksikan. Belum lagi perpaduan kisah legenda dan kehidupan modern masa kini yang membuat serial ini lebih epic lagi.

Salah satu adegan yang paling indah adalah ketika tiap kali Kim Shin pergi keluar dari pintu ajaibnya ke sebuah padang rumput yang ditumbuhi bunga. Juga momen saat Kim Shin dan Ji Eun Tak berbaikan di pegunungan salju.

Foto dari screen capture akun YouTube tvN Drama.

Adegan di episode awal saat Kim Shin dan Ji Eun Tak berada di pantai dengan latar belakang deburan ombak pun sangat indah dilihat mata.

Cerita fantasi yang unik

Goblin berkisah tentang seorang pejuang di masa lalu yang disingkirkan oleh raja yang tengah berkuasa saat itu. Ia pun dikutuk dewa untuk hidup abadi dengan sebilah pedang menancap di dadanya. Selama pedang itu tertancap, ia akan hidup abadi dan menyaksikan kematian orang-orang terdekatnya dari masa ke masa.

Foto dari screen capture akun YouTube tvN Drama.

Kim Shin harus bisa menemukan pengantin goblin yang bisa mencabut pedang itu dan lantas mengakhiri hidupnya. Hingga usia 939 barulah ia akhirnya bertemu dengan Ji Eun Tak, sang pengantin Goblin. Siapa sangka, keinginannya untuk tidak hidup abadi berubah saat ia merasakan cinta pada Eun Tak. Kisah keduanya pun bergulir.

Foto dari screen capture akun YouTube tvN Drama.

Ditambah lagi kisah sang Malaikat Pencabut Nyawa (Grim Reaper), yang diperankan oleh Lee Dong Wook yang tadinya bermusuhan tapi berubah jadi sahabat Kim Shin. Sang Grim Reaper pun memiliki plot romansa sendiri bersama seorang pengusaha wanita cantik bernama Sunny (Yoo In Na).

Foto dari screen capture akun YouTube tvN Drama.

Kisah fantasi memang kini menjadi tren di K-drama. Tapi dengan sentuhan tangan Eun Sook, sang penulis, kisah Goblin menjadi sangat unik. Romansanya sangat menggugah, dramanya sukses menguras airmata, kisah legendanya membuat mata terbelalak dan komedinya berhasil membuat penonton terpingkal.

Mungkin cerita yang tak tertebak itu yang menjadi daya tarik serial Goblin sehingga setiap pekannya penonton sangat menantikan episode terbarunya.

Bromance

Tahun 2016 mungkin jadi tahunnya bromance di K-drama. Sebut saja Song Joong Ki dan Jin Goo di Descendants of the Sun atau Park Bo Gum dan Kwak Dong Yeong di Moonlight Drawn by Clouds.

Foto dari screen capture akun YouTube tvN Drama.

Tapi Goblin membawa bromance antara Gong Yoo dan Lee Dong Wook ke level yang berbeda. Meski karakter keduanya bermula dari permusuhan, seiring waktu mereka menjadi bersahabat baik. Tapi seringkali keduanya tak ingin menunjukkan perhatian mereka.

Intrik-intrik “cuek tapi perhatian” inilah yang membuat chemistry antara Gong Yoo dan Lee Dong Wook terlihat sangat apik. Momen saat mereka “bertengkar” namun langsung berbaikan adalah yang paling menghibur.

Foto dari screen capture akun YouTube tvN Drama.

Ditambah lagi adengan-adegan cheesy yang sukses mengocok perut. Salah satunya saat keduanya bergaya bak model usai berbelanja dan berjalan lewat terowongan di episode 10. Kocak!

Akting kompak

Foto dari screen capture akun YouTube tvN Drama.

Chemistry yang nyata sangat terlihat dari keseluruhan aktor dan aktris pendukung Goblin. Sepertinya mereka tak hanya berakting sendiri-sendiri, tapi semuanya terlihat sinkron dan kompak.

Selain bromance antara Gong Yoo dan Lee Dong Wook, duet akting romantis dan lucu antara Gong Yoo dan Kim Go Eun pun tak boleh dilewatkan. Sebagai aktor dan aktris utama, keduanya terlihat sangat luwes.

Foto dari screen capture akun YouTube tvN Drama.

Go Eun dengan caranya sendiri mampu menyamai standar akting Gong Yoo. Meski harus memerankan karakter Ji Eun Tak yang jauh lebih muda dari usianya, akting Go Eun terlihat natural dan menggemaskan.

Sementara itu, Yoo In-na yang memerankan Sunny juga menyuguhkan akting yang mumpuni. Konyol dan lucu tapi juga bisa serius dan romantis jika diadu dengan Lee Dong Wook.

Foto dari screen capture akun YouTube tvN Drama.

Sang pendatang baru, Yoo Sung Jae, juga tidak bisa dilupakan dari ensemble ini. Menjadi yang termuda, Sung Jae terlihat tak canggung dan mampu melebur dengan baik berakting dengan para seniornya.

Soundtrack

Goblin bukan hanya soal cerita, aktor dan aktris, sutradara dan akting saja. Faktor soundtrack juga membuat Goblin sukses membuat tak hanya mata tapi juga telinga penonton terhibur.

Secara umum, kisah di Goblin sebenarnya soal kematian yang dikemas dengan kiah yang indah dan beragam. Itu pula yang tampaknya ingin ditampilkan oleh para musisi yang terlibat di proyek OST Goblin. 

Mereka adalah Chanyeol (EXO) yang berduet dengan Punch, 10cm, Lasse Lindh, Crush, Eddy Kim, Sam Kim, Soyou (Sistar), Ailee, Urban Zakapa, Han Soo Ji, Kim Kyung Hee, Roy Kim, Kim EZ (GGot Jam Project), Mamamoo, Heize dan Jung Jon Il.

Dari total 14 bagian soundtrack, terlihat semua mampu menciptakan drama dan menguras emosi sesuai dengan adegan demi adegan. Meski ada beberapa lagu dengan beat riang, namun kesan misterius tetap terasa.

Salah satu lagu yang paling pas menguras emosi adalah Who Are You yang dibawakan Sam Kim dan tentunya Beautiful milik Crush yang susah hilang dari pikiran.

Apakah kamu juga salah satu penggemar drakor yang sedang mengikuti serial Goblin? Bagaimana komentar kamu tentang serial ini? Share pendapatmu di @RapplerID!

-Rappler.com

 

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.