Semua hal yang perlu kamu ketahui soal ‘Miss Universe 2016’

Rappler.com
Semua hal yang perlu kamu ketahui soal ‘Miss Universe 2016’
Tahun 2017 ini, perhelatan 'Miss Universe' diselenggarakan di Filipina

JAKARTA, Indonesia — Demam kontes kecantikan kembali mewabah di bulan Januari ini, ditandai dengan berangkatnya Puteri Indonesia 2016 Kezia Warouw ke Manila, Filipina pada Kamis, 12 Januari, untuk memulai rangkaian acara Miss Universe 2016.

Lebih dari 80 kandidat yang berasal dari seluruh dunia akan memperebutkan mahkota ratu sejagad untuk menggantikan Pia Alonso Wurtzbach, Miss Universe 2015, yang berasal dari Filipina.

Seluruh rangkaian acara akan mencapai puncaknya pada Senin, 30 Januari, di Mall of Asia, Manila, pada pukul 08.00 pagi waktu setempat (07.00 pagi WIB).

Sambil menantikan ketatnya kompetisi Miss Universe ke-65 ini, berikut adalah rangkuman dari Miss Universe tahun lalu dan hal-hal yang mungkin akan terjadi kali ini.

Rangkuman Miss Universe 2015

MISS UNIVERSE 2016. Siapa yang akan menggantikan Pia Wurtzbach sebagai Miss Universe tahun ini? Foto oleh Alecs Ongcal/Rappler

Saat Pia mendapatkan mahkota Miss Universe 2015, ia mengatakan bahwa penobatan tersebut sangat “Non-tradisional.. sangat 2015.”

Tahun lalu merupakan tahun ketiga Pia Wurtzbach mencoba peruntungannya untuk mewakili Filipina di ajang Miss Universe, dan di penghujung malam puncak, hanya tersisa Pia dan Miss Colombia Ariadna Gutierrez.

Tentu para penggemar pageant di seluruh dunia tidak akan lupa dengan tragedi saat pembawa acara Steve Harvey salah mengumumkan pemenang. Harvey memanggil nama Ariadna, lalu sesaat kemudian — setelah Ariadna mengenakan mahkotanya — Harvey kembali ke panggung dan mengumumkan bahwa pemenang yang sebenarnya adalah Miss Filipina, Pia Alonso Wurtzbach.

Lalu, akankah Steve Harvey kembali menjadi pembawa acara Miss Universe?

Meskipun tahun lalu sempat membuat kesalahan fatal, Steve Harvey kembali ditunjuk sebagai pembawa acara Miss Universe 2016. Foto oleh Valerie Macon/AFP Photo

Jawabannya: “Ya!”

Memang sulit dipercaya, karena kesalahan Harvey tahun lalu sangat fatal. Namun Harvey kembali ditunjuk sebagai pembawa acara dalam perhelatan Miss Universe 2016 di Filipina ini. Ia akan didampingi oleh model internasional Ashley Graham.

Siapa saja yang akan terbang ke Filipina?

Selain Steve Harvey, Ashley Graham, dan Pia Wurtzbach, ke-86 kontestan Miss Universe juga akan terbang ke Filipina. Mereka juga didampingi oleh perwakilan dari Miss Universe Organization, termasuk sang presiden, Paula Shugart.

Dewan juri serta pengisi acara belum diumumkan secara resmi, namun kita bisa berharap akan ada selebriti ternama yang tampil di atas panggung Miss Universe pada akhir Januari nanti.

Apa saja agenda para kontestan?

Ke-86 peserta Miss Universe akan disibukkan dengan berbagai kegiatan sebelum malam puncak nanti. Mereka akan berkesempatan untuk berkeliling Filipina, bertemu dengan presiden Rodrigo Duterte dan tentu saja, bersiap-siapa untuk kompetisi preliminary.

Berdasarkan informasi dari Instagram Miss Universe, berikut adalah kota-kota di Filipina yang akan didatangi para kontestan.

  • 14 Januari — Boracay
  • 15 Januari — Vigan
  • 17 Januari — Cebu
  • 18 Januari — Baguio
  • 19 Januari — Davao dan Batangas

Selain peragaan busana, temu media, dan kegiatan amal, berikut adalah kegiatan yang dijadwalkan untuk para kandidat. Kami akan terus memperbarui jadwal di bawah ini jika ada informasi terbaru.

  • 16 Januari, 17:30 WIB – Pesta bersama gubernur
  • 23 Januari – Pelelangan hadiah nasional; panggilan resmi dengan Presiden Rodrigo Duterte
  • 29 Januari – Acara karpet merah
  • 30 Januari – Malam final
  • Kompetisi national costume

Siapa perwakilan Indonesia di Miss Universe?

Puteri Indonesia 2016 Kezia Warouw melambaikan tangan usai dinobatkan menjadi Puteri Indonesia pada malam final Puteri Indonesia 2016 di Jakarta Convention Center, Jumat (19/2) malam. Foto oleh Hafidz Mubarak A./ANTARA

Seperti setiap tahunnya, negara kita selalu diwakili juara pertama Puteri Indonesia ke ajang Miss Universe.

Tahun ini, Kezia Roslin Cikita Warouw berhasil meraih mahkota tersebut. Siapa dia?

Kezia merupakan sarjana jurusan teknik informatika dari Universitas Esa Unggul. Semasa kuliah, ia sempat bekerja di sebuah bank swasta di Jakarta, sebelum akhirnya memutuskan untuk berhenti dan fokus untuk mengejar cita-citanya di kontes kecantikan.

Perempuan yang akrab disapa Keke ini memiliki tinggi di atas rata-rata wanita Indonesia, 183 cm. Dengan tubuhnya yang semampai, Kezia menjadi mudah dilihat dan dikenali di antara para finalis Puteri Indonesia lainnya.

Kezia merupakan anak tertua dari empat bersaudara, dengan dua adik perempuan dan satu orang adik laki-laki. Kedua orang tuanya, Tenny Hendrik Warouw dan Moudy Ice Tampi, berasal dari Sulawesi Utara.

Indonesia di Miss Universe

MISS UNIVERSE INDONESIA. Puteri Indonesia sekaligus Miss Universe Indonesia 2015 Anindya Kusuma Puteri masuk sebagai 15 besar Miss Universe 2015. Foto dari Instagram/@anindyakputri

Indonesia telah ikut serta dalam ajang Miss Universe sejak tahun 1993, saat itu Puteri Indonesia 1992 Indira Soediro berangkat ke Meksiko, namun hanya sebagai observer. Baru pada tahun 1996, Puteri Indonesia 1996 Alya Rohali menjadi Miss Universe Indonesia pertama.

Setelah tidak mengirimkan wakilnya selama hampir 1 dekade, akhirnya Indonesia kembali menjadi peserta Miss Universe lewat Puteri Indonesia 2004 Artika Sari Devi dan hingga kini Indonesia terus mengirim wakilnya setiap tahun.

Sejak mengikuti ajang Miss Universe, Indonesia mengukir prestasi yang cukup baik. Artika Sari Devi berhasil masuk Top 15. Sementara Puteri Indonesia 2013 Whulandary Herman berhasil meraih Top 16 dan Best National Costume. Puteri Indonesia 2014 Elvira Devinamira juga berhasil membawa gelar Best National Costume dan pada tahun lalu, Anindya Kusuma Putri berhasil meraih Top 15 Miss Universe 2015.

Semoga tahun ini Indonesia bisa kembali mengukir prestasi! —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.