Kawal Pilkada ingin jadi tercepat sajikan ‘real count’ dalam Pilgub DKI

Amru Sebayang
Kawal Pilkada mengajak relawan agar berpartisipasi aktif mengawal suara masyarakat dalam Pilkada DKI Jakarta 2017

Contoh surat suara Pilkada DKI Jakarta 2017. Foto oleh Widodo S. Jusuf/Antara

JAKARTA, Indonesia — Permasalahan kecepatan dan keakuratan dalam melakukan penghitungan cepat (quick count) kini bisa teratasi dengan menggunakan aplikasi Kawal Pilkada. 

Aplikasi besutan Code4Nation ini merupakan aplikasi berbasis partisipasi publik (crowdsource) yang memungkinkan penghitungan suara menjadi lebih cepat dan termonitor.

Dengan menggunakan aplikasi ini, diharapkan pemilihan kepala daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017 dapat melakukan real count tercepat sepanjang sejarah Indonesia. 

“Bila partisipasi warga Jakarta dalam meng-upload foto tinggi, kita bisa membuat real count tercepat di sejarah Pemilu Indonesia dengan app ini,” ujar inisiator Kawal Pilkada, Khairul Anshar, melalui rilis yang diterima Rappler pada Senin, 16 Januari.

Tim Kawal Pilkada, ungkap Khairul, tidak didanai oleh pihak manapun dan sudah melakukan real count sejak pilkada serentak 2015 lalu dengan meng-input formulir C1 yang telah dipindai ke situs KPU.

Sebelumnya, timnya juga berpartisipasi aktif dalam pemilihan umum presiden (Pilpres) pada 2014 lalu, yang menggunakan nama Kawal Pemilu.

Proses penghitungan menggunakan aplikasi ini mengharuskan relawan mengambil foto kertas C1 Plano yang telah terisi seusai pengambilan suara. Data tersebut kemudian akan dimasukkan ke dalam mesin

penghitungan suara aplikasi untuk mengetahui hasilnya sesegera mungkin. 

“Hanya perlu 1-2 menit untuk mengambil dan mengunggah foto tersebut melalui app kami, lalu mengisi angkanya. Karenanya kami berharap partisipasi masyarakat melalui app ini merata di seluruh DKI,” ujar Khairul.

Tidak ada syarat khusus untuk berpartisipasi sebagai relawan Kawal Pilkada. Cukup meng-install aplikasi dan login dengan ID Facebook, Twitter, atau Google Account. Partisipasi aktif dari masyarakat dapat

memungkinkan proses penghitungan suara yang lebih akurat. 

“Setelah foto diunggah dan data dimasukkan, penghitungan suara se-DKI dapat dikawal secara langsung di situs kawalpilkada.id,” kata Khairul.

Terdapat tiga tahapan proses untuk menggunakan aplikasi ini: 

  • Pertama, relawan memfoto kertas C1 Plano yang telah terisi dan mengisi hasil suara di TPS dalam form yang telah disediakan aplikasi. 
  • Kedua, hasil foto setiap relawan akan terkumpul dalam Tabel Data Suara Mentah dengan hasil lain dari berbagai TPS di DKI. 
  • Ketiga, admin kawalpilkada.id akan mengecek foto dan data, dan menjumlahkan hasil suara terkumpul dari tingkat kelurahan hingga kabupaten/kotamadya untuk mengetahui total suara paslon.

—Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.